SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi JIBI/Harian Jogja/Antara

UMKM Kulonprogo untuk gula semut kian diminati,

Harianjogja.com, KULONPROGO — Gula semut organik produksi Kulonprogo diharapkan bisa masuk ke pasar Korea. Selama ini, pemasaran mancanegara produk gula kelapa ini baru mencakup pasar Jepang, Amerika, dan Eropa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

(Baca Juga : GULA SEMUT : Permintaan Ekspor Gula Semut Tinggi, DIY Masih Kewalahan)

Adapun, kapasitas produksi gula semut di Kulonprogo sudah mencapai sekitar 100ton/bulan. Kapasitas produksi ini dipasarkan tersebar untuk pasar lokal dan mancanegara.  Muh. Hariyono, Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Koperasi dan UMKM Kulonprogo  menyebutkan jika gula pasir organik di Kulonprogo diproduksi oleh Koperasi Jatirogo, Kelompok Tiwi Manunggal, dan Gendhis Manis. Dari total kapasitas produksi, sebagian besar memang dihasilkan oleh koperasi yang memiliki lebih banyak penderes nira kelapa.

Lebih lanjut, Muh. Hariyono, Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Koperasi dan UMKM Kulonprogo mengatakan jika pasar mancanegara masih terbuka luas untuk ekspansi lebih jauh. Apalagi, produk gula semut asal Kulonprogo lebih unggul secara kualitas dibandingkan daerah sekitar. Dikarenakan gula kelapa yang dihasilkan didukung dengan daerah geografis yang sesuai untuk pertumbuhan pohon kelapa.

Manajer Koperasi Jatirogo, Ngatijo menjelaskan angka produksi gula semutnya sudah mencapai 80 ton per bulan. Diakuinya, jumlah tersebut sebenarnya belum mampu memaksimalkan pangsa pasar yang ada.

“Pasar mancanegara sebenarnya sangat berminat tapi kemampuannya masih terbatas,”jelasnya. Apalagi, kemampuan produksi maksimal koperasinya tersebut sebenarnya mencapai 150 ton/bulan.

Saat ini, gula semut dihargai Rp17.000 hingga Rp25.000 per kilogram. Angka ini dianggap lebih baik dibandingkan harga produk nira kelapa lainnya seperti gula kelapa. Gula kelapa sendiri dibandrol dengan harga sekitar Rp5.000 hingga Rp10.000 per kilogram. Meski persyaratannya lebih sulit namun harga jual gula semut organik lebh berpeluang meingkatkan perekonomian para penderes nira kelapa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya