UMKM Kuliner Ini Cari Cara Bertahan Selama PPKM

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu kegiatan yang menggerakan roda perekonomian masyarakat selama masa pandemi Covid-19.

 Ayam Ingkung Mantab (Instagram/@ayamingkungmantab)

SOLOPOS.COM - Ayam Ingkung Mantab (Instagram/@ayamingkungmantab)

Solopos.com, KOTA JOGJA— Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu kegiatan yang menggerakan roda perekonomian masyarakat. UMKM sendiri bisa berupa food & beverage (FnB) yang bergerak di bidang kuliner,¬† kerajinan unik, dan berbagai jenis produk layak jual lainnya.

Kota Yogyakarta yang dikenal sebagai kota penuh kreativitas karena menjadi titik pertemuan para pemuda di seluruh Indonesia yang mengemban ilmu dan juga tempat bertemunya para pekerja seni di seluruh Indonesia, bahkan di dunia, membuat kota yang juga dijuluki sebagai Kota Gudeg ini memiliki banyak sekali unit UMKM.

Setelah sebelumnya merangkup 6 UMKM pembuat souvenir unik, kali ini mengutip laman Instagram @wonderfuljogja, Solopos.com merangkum UMKM bidang kuliner atau FnB yang mulai ramai di Kota Gudeg. Berikut ini 6 UMKM bidang kuliner di Yogyakarta yang perlu didukung, khususnya di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-4 ini :

Apem Ayu

UMKM ini menyuguhkan kue apem panggang dengan empat macam topping, di antaranya cokelat, keju, Nangka, dan pisang. Lokasi UMKM ini ada di Food Court Nitikan, Jalan Sorogenen (Selatan kantor JNE). Harga yang ditawarkan mulai dari Rp7.000 dan untuk detail varian topping-nya bisa dilihat di laman Instagram @apem_ayu.

Ayam Panggang Mantab

UMKM ini menerima pesanan berupa ayam ingkung dan juga nasi box ayam negeri. Untuk ayam  ingkung sendiri terdiri dari 3 macam, yaituayam ingkung negeri tanpa kepala,ceker, dan jeroan seharga Rp55.000, ayam ingkung negeri dengan kepala dan ceker seharga Rp60.000, ayam jawa super ingkung dengan harga Rp80.000 dan nasi box ayam negeri yang terdiri dari nasi, potongan ayam dada/tepong, sambal dan lalapan sebesar Rp17.000 per boks. Untuk pesanan bisa lewat perpesanan instan WhatsApp di nomor 085642483111 dan untuk detailnya bisa kunjungi Instagram @ayampanggangmantab

Gemblong Legit

Tidak perlu ke Bogor untuk merasakan kue gemblong karena di Yogyakarta juga ada. Kue gemblong ini terbuat dari ketan dan kelapa serta dibalut gula merah, rasanya gurih, manis dan legit. Bisa kunjungi Instagramnya @gemblonglegit.yk dan untuk pemesanan bisa melalui layanan perpesanan instan WhatsApp di nomor 08223168221. Asiknya lagi, UMKM ini juga melayani pesan antar.

Komedi Food

Beralamat di Langenastran Lor no. 15, produk yang dijual adalah aneka ricebowl ayam, sapi, es kopi, es blend, berbagai cemilan seperti pancake, coffles, kentang goreng, dsb. Untuk pemesanan bisa via gofood/grabfood.

Minihap

Produk yang dijual berupa soft baked cookies mini dan brownies versi mini yang dikemas menggunakan kraft pouch dan dibandrol dengan harga Rp15.000-Rp20.000 per pouch. Produk ini sangat cocok untuk dijadikan teman sebagai camilan. Untuk pemesanan bisa melalui Direct Message di laman Instagram @minihap.id

Susu Kurma Syukur Jogja

Susu kurma syukur ini dibuat dengan susu sapi murni dan kurma pilihan tanpa pemanis buatan. Manis yang ada di susu ini murni dari buah kurma. Susu ini hadir dalam tiga ukuran, yaitu 250 ml, 500 ml, dan 1.000 ml.

Berita Terkait

Berita Terkini

Capaian Vaksinasi Di Bantul Dinilai Rendah, Ini Penjelasan Dinkes

Dinkes Bantul beralasan jika Bantul bukanlah pilot projek vaksinasi di DIY seperti Kota Jogja dan Sleman?.

Pengumuman! Pemkot Jogja akan Gelar Wayang Jogja Night Carnival, Catat Tanggalnya

Pemkot Jogja akan tetap menggelar Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) meski masih masa pandemi. WJNC akan digelar secara hibrid.

Warga Bisa Urus Dokumen Ini, Di Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri Kulonprogo

Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) membantu masyarakat Kulonprogo dalam pengurusan dokumen kependudukan.

Pengumumam, Di Jogja Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal

Sesuai Inmendagri Nomor 43/2021, Kota Jogja dipilih menjadi salah satu wilayah yang menerapkan uji coba di kawasan mal.

Kebijakan Ganjil Genap Objek Wisata Bantul Dievaluasi

Penerapan kebijakan ganjil genap di objek wisata Hutan Pinus Sari Mangunan, Bantul dievaluasi.

Miris, Gadis di Bawah Umur Dijual ke Pria Hidung Belang

Dua pemuda asal Banjarnegara, Jawa Tengah tega menjual seorang gadis di bawah umur kepada pria hidung belang.

Ngentak Mangir Dulu Susah Sinyal, Kini Malah Jadi Kampung Internet

Inisiatif warga untuk berlangganan internet dan menyebarkan ke seluruh rumah membuat Kampung Ngentak Mangi di Bantul tak lagi susah sinyal.

Pemkab Bantul Ajukan Pantai Parangtritis untuk Dibuka

Pemkab Bantul mengajukan Pantai Parangtritis untuk melakukan uji coba operasional selama PPKM

15.000 Dosis Vaksin Moderna Mulai Disalurkan Kepada Warga Kulonprogo

Pemberian vaksin Moderna untuk warga Kulonprogo telah dimulai sejak Sabtu (18/9/2021). Jumlah vaksin Moderna yang tersedia sebanyak 15.000 dosis.

Pengelola Objek Wisata di Jogja Keberatan Aturan Ganjil Genap

Pengelola objek wisata di Kota Jogja keberatan apabila aturan ganjil genap jadi diberlakukan. Pasalnya, tanpa aturan itu pun, jumlah pengunjung yang bisa masuk sangat sedikit.

Deretan Orang Kaya dari Jogja, Ada Nama Artis Ibu Kota

Ini dia deretan orang kaya atau konglomerat dari Jogja, DI Yogyakarta, yang salah satunya berasal dari dunia hiburan Tanah Air.

Indahnya Tempat Wisata Tersembunyi di Bantul Ini, Jalannya Menantang Hlo

Tempat wisata kali ini begitu menantang medan jalan yang ditempuh dan hanya bisa dilalui sepeda motor. Pengunjung harus berhati-hari karena jalannya yang setapak dan sampingnya terdapat sungai.

Puluhan Kendaraan Menuju ke Hutan Pinus Mangunan Diminta Putar Balik

Puluhan kendaraan yang menuju ke Hutan Pinus di Mangunan, Dlingo, Bantul, DIY, diminta putar balik karena pemberlakuan penyekatan.

Sepuluh Persen SMP di Bantul Jalani Uji Coba PTM

Senin Depan, sejumlah SMP sederajat di Bantul menjalani uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Ganjil Genap Diberlakukan ke Tebing Breksi, 72 Kendaraan Diputar Balik

Sebanyak 164 kendaraan dizinkan naik ke Tebing Breksi selama pemberlakukan ganjil genap.

Dampak PPKM, Kualitas Udara Kota Jogja Kian Membaik

Penerapan PPKM yang berlangsung sejak Juli lalu disebut berdampak pada kualitas udara di Kota Jogja.