UMKM Kuliner Ini Cari Cara Bertahan Selama PPKM

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu kegiatan yang menggerakan roda perekonomian masyarakat selama masa pandemi Covid-19.

 Ayam Ingkung Mantab (Instagram/@ayamingkungmantab)

SOLOPOS.COM - Ayam Ingkung Mantab (Instagram/@ayamingkungmantab)

Solopos.com, KOTA JOGJA— Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu kegiatan yang menggerakan roda perekonomian masyarakat. UMKM sendiri bisa berupa food & beverage (FnB) yang bergerak di bidang kuliner,¬† kerajinan unik, dan berbagai jenis produk layak jual lainnya.

Kota Yogyakarta yang dikenal sebagai kota penuh kreativitas karena menjadi titik pertemuan para pemuda di seluruh Indonesia yang mengemban ilmu dan juga tempat bertemunya para pekerja seni di seluruh Indonesia, bahkan di dunia, membuat kota yang juga dijuluki sebagai Kota Gudeg ini memiliki banyak sekali unit UMKM.

Setelah sebelumnya merangkup 6 UMKM pembuat souvenir unik, kali ini mengutip laman Instagram @wonderfuljogja, Solopos.com merangkum UMKM bidang kuliner atau FnB yang mulai ramai di Kota Gudeg. Berikut ini 6 UMKM bidang kuliner di Yogyakarta yang perlu didukung, khususnya di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-4 ini :

Apem Ayu

UMKM ini menyuguhkan kue apem panggang dengan empat macam topping, di antaranya cokelat, keju, Nangka, dan pisang. Lokasi UMKM ini ada di Food Court Nitikan, Jalan Sorogenen (Selatan kantor JNE). Harga yang ditawarkan mulai dari Rp7.000 dan untuk detail varian topping-nya bisa dilihat di laman Instagram @apem_ayu.

Ayam Panggang Mantab

UMKM ini menerima pesanan berupa ayam ingkung dan juga nasi box ayam negeri. Untuk ayam  ingkung sendiri terdiri dari 3 macam, yaituayam ingkung negeri tanpa kepala,ceker, dan jeroan seharga Rp55.000, ayam ingkung negeri dengan kepala dan ceker seharga Rp60.000, ayam jawa super ingkung dengan harga Rp80.000 dan nasi box ayam negeri yang terdiri dari nasi, potongan ayam dada/tepong, sambal dan lalapan sebesar Rp17.000 per boks. Untuk pesanan bisa lewat perpesanan instan WhatsApp di nomor 085642483111 dan untuk detailnya bisa kunjungi Instagram @ayampanggangmantab

Gemblong Legit

Tidak perlu ke Bogor untuk merasakan kue gemblong karena di Yogyakarta juga ada. Kue gemblong ini terbuat dari ketan dan kelapa serta dibalut gula merah, rasanya gurih, manis dan legit. Bisa kunjungi Instagramnya @gemblonglegit.yk dan untuk pemesanan bisa melalui layanan perpesanan instan WhatsApp di nomor 08223168221. Asiknya lagi, UMKM ini juga melayani pesan antar.

Komedi Food

Beralamat di Langenastran Lor no. 15, produk yang dijual adalah aneka ricebowl ayam, sapi, es kopi, es blend, berbagai cemilan seperti pancake, coffles, kentang goreng, dsb. Untuk pemesanan bisa via gofood/grabfood.

Minihap

Produk yang dijual berupa soft baked cookies mini dan brownies versi mini yang dikemas menggunakan kraft pouch dan dibandrol dengan harga Rp15.000-Rp20.000 per pouch. Produk ini sangat cocok untuk dijadikan teman sebagai camilan. Untuk pemesanan bisa melalui Direct Message di laman Instagram @minihap.id

Susu Kurma Syukur Jogja

Susu kurma syukur ini dibuat dengan susu sapi murni dan kurma pilihan tanpa pemanis buatan. Manis yang ada di susu ini murni dari buah kurma. Susu ini hadir dalam tiga ukuran, yaitu 250 ml, 500 ml, dan 1.000 ml.

Berita Terkait

Espos Premium

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Sebelum pandemi stok darah yang dimiliki PMI cukup untuk kebutuhan empat hari, pada masa pandemi berkurang menjadi hanya dua hari. Selain khawatir tertular Covid-19, masyarakat pun sulit mengakses fasilitas donor darah akibat pembatasan mobilitas.

Berita Terkini

Pengelola Objek Wisata di Jogja Keberatan Aturan Ganjil Genap

Pengelola objek wisata di Kota Jogja keberatan apabila aturan ganjil genap jadi diberlakukan. Pasalnya, tanpa aturan itu pun, jumlah pengunjung yang bisa masuk sangat sedikit.

Deretan Orang Kaya dari Jogja, Ada Nama Artis Ibu Kota

Ini dia deretan orang kaya atau konglomerat dari Jogja, DI Yogyakarta, yang salah satunya berasal dari dunia hiburan Tanah Air.

Indahnya Tempat Wisata Tersembunyi di Bantul Ini, Jalannya Menantang Hlo

Tempat wisata kali ini begitu menantang medan jalan yang ditempuh dan hanya bisa dilalui sepeda motor. Pengunjung harus berhati-hari karena jalannya yang setapak dan sampingnya terdapat sungai.

Puluhan Kendaraan Menuju ke Hutan Pinus Mangunan Diminta Putar Balik

Puluhan kendaraan yang menuju ke Hutan Pinus di Mangunan, Dlingo, Bantul, DIY, diminta putar balik karena pemberlakuan penyekatan.

Sepuluh Persen SMP di Bantul Jalani Uji Coba PTM

Senin Depan, sejumlah SMP sederajat di Bantul menjalani uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Ganjil Genap Diberlakukan ke Tebing Breksi, 72 Kendaraan Diputar Balik

Sebanyak 164 kendaraan dizinkan naik ke Tebing Breksi selama pemberlakukan ganjil genap.

Dampak PPKM, Kualitas Udara Kota Jogja Kian Membaik

Penerapan PPKM yang berlangsung sejak Juli lalu disebut berdampak pada kualitas udara di Kota Jogja.

Aturan Ganjil Genap ke Tebing Breksi Diberlakukan, Puluhan Kendaraan Diputar Balik

Banyak wisatawan yang tak tahu aturan ganjil genap saat hendak berwisata ke Tebing Breksi, Sleman, sehingga harus rela dibupatr balik petugas.

Jelang Uji Coba PTM, Vaksinasi Pelajar SMP Terus Dikebut

Vaksinasi pelajar adalah salah satu upaya Pemkab Bantul untuk mendukung uji coba tatap muka sekolah agar orang tua siswa nyaman dan tenang.

Setelah Breksi, Giliran Candi Prambanan Gelar Uji Coba Buka

Candi Prambanan diizinkan melakukan uji coba penerapan protokol kesehatan dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

Waduh! Antrean Warga Mengular di Sentra Vaksinasi XT Square

Pendeknya durasi di hari Jumat akibat ibadah salat membuat warga berlomba datang lebih dulu hingga antrean mengular.

Antisipasi Lonjakan Kasus Akhir Pekan, Pemkot Jogja Siapkan Isoter

Penyiagaan isoter itu sebagai langkah antisipasi menghadapi lonjakan kasus di akhir pekan saat mobilitas masyarakat meningkat.

Tsunami akibat Gempa Megathrust Mengancam, 7 dari 8 EWS di Kulonprogo Malah Rusak

Tujuh dari delapan sistem peringatan dini di pantai selatan Kulonprogo rusak. Padahal ancaman gempa megathrust yang berpotensi tsunami membayangi.

Pembebasan Lahan Tol Jogja Bawen Terus Dikebut, 436 Bidang di Seyegan Bakal Diratakan

PT Jasamarga Jogja Bawen masih bermusyawarah degan warga Seyegan, Sleman terkait pembebasan lahan untuk Tol Jogja-Bawen

Polda DIY Terapkan Ganjil-Genap di 3 Objek Wisata, Di Mana Saja?

Polda DIY menerapkan sistem ganjil genap bagi kendaraan yang akan mengunjungi tiga lokasi wisata di Sleman.