Tutup Iklan

UMKM JAWA TENGAH : Unggulkan Motif Klasik, Batik Tegal Makin Diminati

UMKM JAWA TENGAH : Unggulkan Motif Klasik, Batik Tegal Makin Diminati

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/Burhan Aris Nugraha/dok)

ilustrasi (JIBI/Burhan Aris Nugraha/dok)

UMKM Jawa Tengah  khususnya daerah Tegal terus berkembang. Salah satu unggulan produk dari tegal saat ini adalah batik khas tegal yang mengunggulkan motif klasik 

 

Solopos.com, SEMARANG - Batik Tegal atau biasa disebut dengan batik tegalan banyak diminati pasar baik dari dalam maupun luar kabupaten tersebut, kata Kepala Seksi Pengembangan Usaha Mikro dan Sektor Informal Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tegal Sarwoko.

"Meski sudah mulai banyak yang meminati namun kami berupaya terus mengenalkannya kepada masyarakat luas," katanya pada kunjungannya di Semarang seperti dikutip Antara, Selasa (26/5/2015).

Menurutnya, batik tegal terkenal dengan motif klasiknya. Salah satu motif yang terkenal dan identik dengan Kabupaten Tegal yaitu motif galaran.

"Yang membedakan batik asal Kabupaten Tegal dengan daerah lain adalah dari ketegasan motif. Kalau motif batik Tegal lebih tegas karena mewujudkan karakter orang pesisir," katanya.

Meski sama-sama bermotif tegas seperti halnya batik asal Madura, namun menurutnya batik asal Kabupaten Tegal ini lebih luwes pada sisi gerakan cantingnya.

"Kalau dilihat dari gerakan cantingnya tetap memperlihatkan batik tersebut dibuat oleh orang Jawa Tengah, lebih halus dan luwes dibandingkan dengan gerakan canting yang terlihat pada batik Madura," katanya.

Sementara itu mengenai pemasaran secara keseluruhan, diakuinya masih banyak didominasi oleh penjualan secara personal. Bahkan melalui sistem penjualan secara personal tersebut, batik asal Kabupaten Tegal sudah banyak masuk ke sejumlah negara lain.

Berita Terkait

Berita Terkini

Aktivis Sekolah Sungai Klaten yang Meninggal Dunia Pernah Dapat Penghargaan Dari BNPB

Aktivis Sekolah Sungai Klaten, Arif Fuad Hidayah, 40, meninggal dunia pada Minggu (20/6/2021). Ternyata, Arif pernah menerima penghargaan dari BNPB.

Beredar Foto IGD Untuk Pasien Covid-19 RSUD Wonogiri Penuh, Cek Faktanya!

Foto ruang IGD pasien Covid-19 RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri dalam kondisi penuh beredar di media sosial, faktanya?

Jadwal Siaran Langsung dan Live Streaming Euro 2020 Malam Ini: Italia Vs Wales, Swiss Vs Turki

Piala Eropa atau Euro 2020 kembali bergulir pada Minggu (20/6/2021). Jadwal pertandingan menunjukkan duel Italia vs Wales dan Swiss vs Turki di Grup A.

KA Nusa Tembini Susuri Rute Jogja - Cilacap, Ini Jadwal dan Harga Tiketnya

PT Kereta Api Indonesia akan meluncurkan kereta api baru KA Nusa Tembini relasi Cilacap - Yogyakarta pergi pulang (PP) pada 2 Juli 2021 mendatang.

Kronologi Penemuan Kerangka Mayat di Hutan Gunung Pegat Bulu Sukoharjo

Warga menemukan kerangka mayat di hutan Gunung Pegat di Desa/Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (20/6/2021), saat mencari ranting.

Ini Identitas Kerangka Mayat yang Ditemukan di Hutan Gunung Pegat Bulu Sukoharjo

Mayat tinggal kerangka ditemukan di kawasan hutan Gunung Pegat tepatnya di Desa/Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (20/6/2021).

Yamaha Motor Punya Desain Klasik FZ-X Seharga Rp23 Juta

Pabrikan sepeda motor Yamaha mengeluarkan satu lagi varian klasik FZ-X berkpaitas mesin 150 cc seharga Rp23 juta untuk pangsa pasar India.

Gempar! Kerangka Mayat Ditemukan di Hutan Gunung Pegat Bulu Sukoharjo

Mayat tinggal kerangka ditemukan warga di sekitar Gunung Pegat, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (20/6/2021).

Prediksi Italia vs Wales: Tim Biru Tak Peduli Rekor, Wales Tak Mau Disepelekan

Wales tampaknya tak mau disepelekan dari Italia yang sudah menapak babak 16 Besar sehingga pelatihnya tergoda menurunkan unit keduanya.

Klaster Hajatan Belum Rampung, Sudah Muncul Klaster Baru di Madiun

Belum selesai penanganan klaster Covid-19 hajatan di Dukuh Bulurejo, Desa Bantengan, Kecamatan Wungu, kini muncul klaster baru di Kabupaten Madiun, yakni di Desa Sewulan, Kecamatan Dagangan.

Grobogan Perketat Mobilisasi Warga, Penyekatan Digalakkan

Satgas Covid-19 Kabupaten Grobogan memperketat mobilisasi warga dengan operasi penyekatan dan penyemprotan disinfektan di area publik.  

Mengenal Gama Ayam Buatan UGM: Gurih Mirip Ayam Kampung, Bobot 1,5 Kg dalam 7 Pekan

Keunggulan Gama Ayam dibandingkan ayam buras yang sekarang banyak beredar adalah rasanya yang gurih menyerupai rasa ayam kampung.