UMKM di Sukoharjo Belajar Halal Self Declare Biar Bisa Naik Kelas

Dalam SiHalal ada standar yang sudah ditentukan, jika dokumen tersebut sudah sesuai dan dianggap memenuhi ketentuan maka akan diterbitkan sertifikat halal oleh BPJPH.

 Program kolaboratif industrial, pendampingan Halal Self Declare kepada UMKM di Kampus FEBI UIN RM Said, Kamis (30/6/2022). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Program kolaboratif industrial, pendampingan Halal Self Declare kepada UMKM di Kampus FEBI UIN RM Said, Kamis (30/6/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO — Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Raden Mas Said bersama Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia atau BPC Hipmi Sukoharjo serta pendamping halal dari Centre for Halal Research UIN RM Said mengadakan kegiatan pendampingan pendaftaran sertifikasi halal mandiri (halal self declare), Kamis (30/6/2022) di Kampus FEBI UIN setempat.

Kegiatan itu mengacu pada program Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama yang membentuk program Halal Self Declare. Hal tersebut menjadi angin segar bagi para UMKM yang ingin segera mendapatkan sertifikat halal mengingat UMKM yang bergerak di bidang kuliner tentu wajib mengantongi sertifikat halal. Sementara untuk mendapatkannya perlu berbagai syarat dan proses yang ketat.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Ketua Umum BPC HIPMI Sukoharjo, Agung Dirmansyah, mengatakan dengan kegiatan itu dia berharap UMKM di Sukoharjo dapat naik kelas dan bisa mengakses pasar yang lebih besar.

“Harapannya dengan adanya pendampingan sertifikasi halal ini, UMKM mendapatkan sertifikasi halal dan produknya bisa diakui kehalalannya di pasaran. Selanjutnya prosesnya adalah setelah peserta dilatih untuk menginput di PTSP Kementerian agama [ptsp.halal.go.id/SiHalal]. Dokumen tersebut diverifikasi sesuai standar yang ada,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Jumat (1/7/2022).

Dia menyebut dalam SiHalal ada standar yang sudah ditentukan, jika dokumen tersebut sudah sesuai dan dianggap memenuhi ketentuan maka akan diterbitkan sertifikat halal oleh BPJPH.

Baca juga: Radius Jalur Zonasi PPDB SMA di Sukoharjo Kian Pendek, Ini Sebabnya

Lebih lanjut, menurutnya, pemerintah juga telah mengesahkan Undang-undang (UU) Cipta Kerja salah satunya berkaitan dengan tugas dan fungsi Kementerian Agama dalam sejumlah pasal. Di antaranya berkenaan dengan penyelenggaraan jaminan produk halal (JPH).

Dekan FEBI UIN RM Said, M. Rahmawan Arifin, mengatakan kegiatan itu juga menjadi sebuah bentuk komitmen UMKM dalam rangka memberikan produk dan layanannya kepada konsumen secara baik dan benar sesuai kaidah agama. Menurutnya hal tersebut patut diapresisi mengingat meningkatnya kesadaran bagi kaum muslim selaku penduduk mayoritas di Indonesia terhadap kehalalan suatu produk.

“Kesadaran konsumen muslim terhadap produk maupun jasa yang berstandar halal merupakan salah satu hal yang harus direspons positif oleh UMKM bahwasanya apa yang mereka berikan sesuai dengan keinginan konsumen muslim. FEBI sangat mengapresiasi kegiatan kolaboratif ini,” jelasnya.

Baca juga: Hipmi Sukoharjo-BPDASHL Solo Bagi-Bagi 10.000 Bibit Pohon, Demi Apa?

Dia juga mengatakan usai kegiatan pendampingan itu, ke depan kegiatan kolaboratif akan terus dilakukan untuk pendampingan manajemen, tata kelola keuangan, pemasaran, SDM dan lainnya bagi UMKM.

Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Terpisah, Ketua Pelaksana Program Kolaboratif Industrial, Asep Maulana Rohimat, menyatakan bahwa FEBI sebagai lembaga akademik akan terus mendukung semua program peningkatan ekonomi masyarakat, termasuk dalam hal ini program halal self declare yang diprakarsai oleh Hipmi.

“Terima kasih kepada Hipmi BPC Sukoharjo dan para pendamping halal dari Centre for Halal Research, semoga kedepan ada lagi kegiatan-kegiatan kolaborasi dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara riil di masyarakat,” ungkapnya.

Baca juga: Demo di DPRD Sukoharjo, Warga Tuntut Izin Usaha Holywings Dicabut!

Mengutip laman kemenag.go.id, Jumat, BPJPH tahun ini memiliki program layanan fasilitasi sertifikasi halal gratis (SEHATI) untuk 25.000 kuota dengan kategori pernyataan pelaku usaha (self declare).

Layanan pemberian sertifikasi halal gratis melalui mekanisme self declare, diberikan untuk pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Kebijakan itu tertuang dalam Keputusan Kepala BPJPH No 33 Tahun 2022 tentang Juknis Pendamping Proses Produk Halal dalam Penentuan Kewajiban Bersertifikat Halal bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil yang didasarkan atas Pernyataan Pelaku Usaha.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Lahir 17 Agustus, Bocah asal Sragen ini Diberi Nama Putri Merah Putih

      Seorang bocah asal Bumiaji, Gondang, Sragen memiliki nama unik yakni Putri Merah Putih dikarenakan lahir pada 17 Agustus.

      APBD Tak Mampu, Butuh Rp200 M untuk Bikin Jalan di Karanganyar Mulus

      Kerusakan jalan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah sulit ditangani dengan hanya mengandalkan anggaran daerah. Dibutuhkan hingga Rp200 miliar untuk perbaikan jalan secara menyeluruh.

      155 Napi Rutan Solo Dapat Remisi HUT RI, 3 Orang Langsung Bebas

      Sebanyak 155 warga binaan pemasyarakatan Rutan Klas I Solo mendapatkan remisi atau pengurangan masa hukuman dalam rangka HUT RI, 3 orang langsung bebas.

      Nella Kharisma Konser di Karanganyar, 249 Aparat Keamanan Diterjunkan

      Ratusan personel gabungan TNI, Polisi, dan Satpol PP bakal diterjunkan ke lapangan untuk mengamankan konser musik dangdut Nella Kharisma di lapangan Alun-alun Karanganyar, Jumat (19/8/2022) malam.

      Terminal Tirtonadi Solo Lepas 77 Balon, Ada Voucer Uang Tunainya Lho

      Terminal Tirtonadi Solo merayakan HUT ke-77 Kemerdekaan RI dengan melepas 77 balon merah putih dan 10 di antaranya ditempeli voucer uang tunai.

      HUT RI, Ada Upacara di Bawah Permukaan Air di Umbul Ponggok Klaten

      Belasan orang menggelar upacara bendera di bawah permukaan air Umbul Ponggok, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Rabu (17/8/2022).

      81 Napi Rutan Boyolali Dapat Remisi, Pengurangan Terbanyak 5 Bulan

      Sebanyak 81 narapidana (napi) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Boyolali mendapatkan remisi bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022) siang.

      Kecelakaan 2 Motor Berbenturan di Ngarum Sragen, 1 Orang Meninggal

      Satu orang meninggal akibat kecelakaan dua sepeda motor berbenturan di Ngarum, Ngrampal, Sragen, Rabu (17/8/2022)

      Bermula Bakar Sampah, Lahan di Kebun Kosong Wonosari Klaten Terbakar

      Peristiwa kebakaran lahan kembali terjadi di Klaten.

      Wow! Seniman Boyolali Pamer Wayang dan Kain Merah Putih Raksasa

      Para seniman di Dusun Bulu, Desa Tegalgiri, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali menggelar pawai budaya untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Indonesia, Rabu (17/8/2022).

      Harga Perumahan di Wonogiri Masih Ada yang Murah Meriah Lo

      Wonogiri terus menjadi kawasan berkembang.

      Bursa Lukisan Perpusda Boyolali Jual Karya Mulai Rp500.000, Yuk Dibeli

      Komunitas seni Sapu Gerang Boyolali menggelar bursa lukisan di area parkir Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Boyolali selama sepekan, Sabtu-Sabtu (13-20/8/2022).

      Komandan Upacara HUT RI Ponpes Ngruki Sukoharjo: Momen Perbaikan Citra

      Komandan upacara yang juga alumnus Ponpes Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Sukoharjo, Ilham Muhajirin, 19, mengatakan upacara HUT Ke-77 RI menjadi perayaan ulang tahun ke-50 sekaligus momen perbaikan citra ponpes.

      Khidmat, Malam Tirakatan HUT ke-77 RI di RT 002 Klodran Indah Colomadu

      Pelaksanaan Malam Tirakatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di RT 002/RW 009 Perumahan Klodran Indah Colomadu Karanganyar berlangsung khidmat yang digelar secara offline.

      87 Penumpang Naik KRL Solo Balapan-Palur pada Hari Pertama Uji Coba

      KRL lintas Solo Balapan-Palur akhirnya mulai beroperasi tepat pada peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022).