UMKM Cah Enom Diharapkan Mampu Dongkrak Perekonomian Lokal Kulonprogo

UMKM Cah Enom hadir untuk mendukung terciptanya ekosistem yang berkesinambungan bagi pelaku UMKM di wilayah Kulonprogo, DIY.

 Anggota DPR H.M. Gandung Pardiman melihat pameran produk UMKM yang digelar oleh UMKM Cah Enom di kolam renang Watu Ireng, Clereng, Pengasih, Kulonprogo, pada Minggu (16/1/2022). (Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo)

SOLOPOS.COM - Anggota DPR H.M. Gandung Pardiman melihat pameran produk UMKM yang digelar oleh UMKM Cah Enom di kolam renang Watu Ireng, Clereng, Pengasih, Kulonprogo, pada Minggu (16/1/2022). (Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo)

Solopos.com, KULONPROGO — Guna mendorong tumbuhnya perekonomian lokal di Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), UMKM Cah Enom hadir untuk mendukung terciptanya ekosistem yang berkesinambungan bagi pelaku UMKM di wilayah Bumi Binangun.

Anggota DPRD DIY Lilik Syaiful Ahmad, mengatakan UMKM Cah Enom merupakan wadah bagi berkumpulnya para pelaku UMKM dari segala sektor untuk saling berinteraksi dan berjejaring.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“UMKM Cah Enom ini berisikan pelaku UMKM yang bergerak di bermacam-macam bidang. Mulai dari kuliner, kriya, pembuatan suvenir, herbal, maupun bermacam industri rumahan lainnya,” kata Lilik saat ditemui Harian Jogja di Pengasih pada Minggu (16/1/2022).

Dikatakan Lilik, wadah UMKM Cah Enom saat ini telah diisi oleh sekitar 700 pelaku UMKM. Wadah UMKM Cah Enom ini memang rata-rata diisi oleh pelaku UMKM yang masih berusia produktif.

Baca Juga: NFT Semakin Populer, Kementerian Kominfo Tingkatkan Pengawasan

“Sebelumnya, UMKM Cah Enom ini hanya diisi oleh sekitar 600 orang saat dirilis 3,5 tahun yang lalu. Namun, jumlahnya terus berkembang sehingga saat ini anggotanya menjadi 700 pelaku UMKM. UMKM Cah Enom ini diharapkan menjadi sebua wadah para pelaku UMKM untuk berjejaring dan menambah wawasan,” sambung Lilik.

Lilik menyatakan bahwa wadah UMKM Cah Enom ini diharapkan mampu mendongkrak perekonomian lokal Kulonprogo. Upaya yang dilakukan oleh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk mendongkrak sektor UMKM diharapkan terbantu dengan kehadiran UMKM Cah Enom.

“Kami juga berkoordinasi dengan OPD terkait dalam hal ini Dinkop Kulonprogo maupun Disperindag Kulonprogo. Kami juga berkoordinasi dengan DPR, khususnya dengan arahan langsung dari bapak Gandung Pardiman,” terang Lilik yang merupakan anggota DPRD DIY dari fraksi Golkar ini.

Baca Juga: BRI Bakal Salurkan Rp260 Triliun Dana KUR pada 2022, Bidik Sektor Apa?

Anggota DPR H.M. Gandung Pardiman menegaskan jika kehadiran UMKM Cah Enom tidak hanya sebatas euforia belaka. Diharapkan, UMKM Cah Enom mampu terus berkembang dengan menonjolkan potensi UMKM lokal yang mampu bersaing di pasar nasional bahkan global.

“Saya berharap potensi lokal yang ada di Kulonprogo mampu digali semaksimal mungkin sehingga mempunyai daya jual di pasar nasional bahkan global. Kami juga akan mendukung kegiatan UMKM Cah Enom ini dengan memberikan bantuan uang tunai. Diharapkan, kehadiran UMKM Cah Enom ini mampu membantu upaya pemerintah pusat maupun kabupaten dalam mendongkrak sektor UMKM,” sambung Gandung Pardiman.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Iffah Mufidati, mengatakan kehadiran UMKM Cah Enom mampu memberikan literasi yang cukup bagi pelaku UMKM tentang bagaimana berkompetisi di pasar nasional bahkan internasional.

“UMKM saat ini erat dengan digital marketing ya. Kami mendorong agar UMKM Cah Enom ini mampu bersinergi dengan Pemkab Kulonprogo seperti mendorong skema digital marketing untuk pemasaran produk. UMKM Cah Enom diharapkan mampu bersinergi dengan kami dalam mengembangkan sektor UMKM yang saat pandemi Covid-19 cukup terdampak,” ujar Iffah.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Dangdut Koplo Menggema dari Kalangan Bawah hingga Menembus Istana

      + PLUS Dangdut Koplo Menggema dari Kalangan Bawah hingga Menembus Istana

      Mengundang kontroversi di awal kemunculannya, dangdut koplo yang sebelumlnya populer di kalangan masyarakat bawah menjelma sebagai musik populer yang menembus kasta. Bahkan, gaung dangdut koplo mampu menembus kokohnya tembok Istana Merdeka, Jakarta.

      Berita Terkini

      RAPBN 2023 Usung Poduktivitas untuk Transformasi Ekonomi

      RAPBN 2023 ditujukan untuk mendukung peningkatan produktivitas dengan tetap mengoptimalkan fungsi shock absorber.

      Harga TBS Sawit Sudah di Atas Rp2.000 per Kg, Petani Girang

      Petani sawit bersyukur di momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, harga tandan buah segar (TBS) terus naik sedikit demi sedikit.

      Pertamina Ajak Warga Boyolali Manfaatkan Eceng Gondok Jadi Biogas

      Pertamina menjalankan program CSR Desa Energi Berdikari dengan mengedukasi masyarakat memanfaatkan eceng gondok di sekitar waduk sebagai sumber energi baru terbarukan.

      Jokowi Instruksikan Pemda dan TPID Kerja Sama Tekan Laju Inflasi

      Identifikasi itu dibarengi dengan pengecekan oleh tim pengendalian inflasi terkait ketersediaan pasokan pangan di masing-masing daerah agar bisa disambungkan dan memenuhi satu sama lain.

      Cek, Inilah Ciri-Ciri Uang Kertas Baru Emisi 2022

      Ketujuh pecahan Uang TE 2022 tersebut terdiri atas pecahan uang rupiah kertas mulai dari Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000, dan Rp100.000.

      Inflasi Terkendali, Pemerintah Terus Jaga Daya Beli Masyarakat

      Airlangga Hartarto menegaskan, berbagai upaya pemerintah untuk mendorong pemulihan ekonomi membutuhkan peran dan kerja sama dari seluruh stakeholder.

      Uang Kertas Baru Emisi 2022, Menkeu: Lambang dan Komitmen Semua Pihak

      Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan Rupiah tak hanya sekadar uang, namun merupakan sebuah mata uang yang menggambarkan perjalanan dari bangsa Indonesia.

      Bank Mandiri Apresiasi Tim Paskibraka dengan Koin Emas dan Tabungan

      Bank Mandiri mengapresiasi Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional Tahun 2022 yang telah mengibarkan Sang Saka Merah Putih di Istana Negara.

      BI Luncurkan Uang Rupiah Kertas Terbaru, Kepingin Tukar?

      Bank Indonesia mengeluarkan uang kertas baru emisi 2022 untuk pecahan Rp1.000 hingga Rp100.000

      Soal Aturan Tarif Ojol, Ini Respons Gojek

      Adanya masa tenggang perpanjangan selama 25 hari digunakan Gojek untuk persiapan dan sosialisasi kepada pengguna aplikasi termasuk mitra driver

      Sempat Anjlok, Ini Daftar Harga Emas Pegadaian Kamis 18 Agustus 2022

      Harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Kamis (18/8/2022) hari ini untuk cetakan UBS maupun Antam terpantau stagnan atau tidak mengalami perubahan dibandingkan dengan harga sebelumnya.

      Prediksi IHSG Terbelah, Cek Rekomendasi Saham Hari Ini

      Prediksi sejumlah analis terbelah terkait pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan melanjutkan penguatan Kamis (18/8/2022) hari ini.

      Kian Santer Diperbincangkan, Apakah Harga BBM Pertalite akan Naik?

      Pemerintah saat ini masih membahas rencana kenaikan harga bahan bakar minyak jenis Pertalite sebagai respons atas tingginya harga minyak mentah dunia.

      Tertarik Buka Franchise Alfamart? Yuk Cek Cara hingga Modalnya

      Anda ingin buka usaha franchise Alfamart tapi belum tahu cara, syarat, dan besaran modalnya? Saat ini bisnis waralaba memang masih tetap menjanjikan.

      PLN Bagikan 1.000 Bendera di Jateng-DIY untuk Semarakkan HUT ke-77 RI

      Pembagian bendera yang dilakukan PLN UID Jateng dan DIY ini merupakan bagian dari gerakan 10 juta Bendera Merah Putih yang dicanangkan oleh Kemendagri.