UMK Wonogiri Terendah Kedua se-Jateng, Ini Nilai Positifnya

Upah Minimum Kabupaten atau UMK Wonogiri setiap tahun selalu berada di posisi terendah kedua se-Jawa Tengah.

 Karyawan pabrik di Wonogiri (Solopos/Rudi Hartono)

SOLOPOS.COM - Karyawan pabrik di Wonogiri (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI — Upah Minimum Kabupaten atau UMK Wonogiri setiap tahun selalu berada di posisi terendah kedua se-Jawa Tengah, termasuk tahun depan. Kondisi tersebut justru dipandang sebagai kekuatan. UMK yang rendah diyakini dapat menarik investor masuk.

Seperti diketahui, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, telah menetapkan UMK 35 daerah 2021, belum lama ini. UMK Wonogiri tahun depan senilai Rp1.827.000. UMK itu naik Rp30.000 atau 1,67 persen dari UMK tahun ini senilai Rp1.797.000. Informasi yang dihimpun Solopos.com, sejak dahulu posisi UMK Wonogiri selalu terendah kedua se-Jawa Tengah di atas Banjarnegara.

PromosiMenelaah Pesan Moral pada Dolanan Anak Cublak-Cublak Suweng

Sering Razia Masker, Satpol PP Solo Jadi Sasaran Teror

Kepala Dinas Tenaga Kerja Wonogiri, Ristanti, kepada Solopos.com, Senin (23/11/2020), menyampaikan Wonogiri merupakan daerah yang sedang bersolek untuk menarik investor. Apabila dalam kondisi itu UMK tinggi justru akan membuat Wonogiri tak menarik bagi investor.

Menurut dia UMK yang rendah dapat menarik investor, lantaran pengusaha dalam berinvestasi mempertimbangkan biaya produksi. Salah satu elemen yang memengaruhi biaya produksi adalah upah pekerja. UMK yang rendah turut menekan biaya produksi.

“Salah satu contohnya dilakukan PT BIG [Bandung Indah Gemilang pembuat sprai My Love]. Saya pernah berdiskusi dengan pimpinan PT BIG. Dia bilang salah satu alasan membuka perusahaan di Wonogiri karena UMK rendah. Jauh lebih rendah dibandung Bandung, lokasi perusahaan utama,” kata Ristanti.

PT BIG mendirikan perusahaan di Gemantar, Selogiri, agar dapat menopang peningkatan kapasitas produksi yang selama ini dikerjakan perusahaan di Bandung. Rencananya PT BIG membutuhkan tenaga kerja lebih kurang 3.000 orang secara bertahap.

Ekonomi Daerah

Ristanti melanjutkan penentuan UMK di tingkat daerah tak sekadar tawar menawar antara pekerja dan pengusaha. Dalam pembahasannya, Dewan Pengupahan yang terdiri atas unsur tripartit mempertimbangkan ekonomi daerah dan keberlangsungan usaha. Apabila usaha dapat terus bergerak tenaga kerja di Wonogiri dapat terserap.

Jika ada investor lain yang masuk Wonogiri, semakin banyak tenaga kerja yang terserap. Pertumbuhan ekonomi pun akan turut terkerek lantaran perputaran uang di Wonogiri akan meningkat. Ristanti mencontohkan perusahaan yang memiliki pekerja sebanyak 1.000 orang dan diasumsikan menerima upah bulan sesuai UMK 2021.

Tips Aman Periksa ke Dokter Gigi Saat Pandemi, Tak Usah Takut!

Hal itu berarti uang senilai Rp1,827 miliar hanya dari pekerja akan beredar di Wonogiri. “Diharapkan investor lain juga mengikuti jejak PT BIG berinvestasi di Wonogiri,” imbuh Ristanti.

Namun, rendahnya UMK di Wonogiri tak berbanding lurus dengan kondisi investasi 2019. Kepala Bappeda Litbang Wonogiri, Heru Utomo, mengatakan stabilitas ekonomi menjadi satu dari tiga sektor yang lemah di Wonogiri.

Lemahnya sektor tersebut dipengaruhi investasi yang kecil. Alhasil, indeks daya saing sektor stabilitas ekonomi rendah. Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional atau Kemenristik/BRIN memberi nilai indeks daya saing sektor stabilitas ekonomi Wonogiri sebesar 2,71 dari nilai maksimal 5.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Riset Belanda Ungkap Tiga dari 10 Situs Jawa Kuno di Boyolali Hilang

+ PLUS Riset Belanda Ungkap Tiga dari 10 Situs Jawa Kuno di Boyolali Hilang

Masa Jawa Kuno meninggalkan sejumlah peradaban di Kota Susu Boyolali, di mana berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Leiden Belanda dalam riset disertasinya pada 2009, mengungkap tiga dari 10 situs dinyatakan hilang.

Berita Terkini

Pemkab Wonogiri Siapkan Bangsal Isolasi Hepatitis Akut

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Wonogiri telah mengantisipasi munculnya penyakit hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya.

Bawaslu Boyolali Gandeng Penyandang Disabilitas untuk Awasi Pemilu

Sosialisasi diadakan untuk meningkatkan peran pengawasan partisipatif penyandang disabilitas dalam pemilihan umum (pemilu).

Bawa Sapi Bergejala PMK di Wonogiri, Peternak akan di-Blacklist

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri secara tegas berupaya mencegah wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK pada hewan ternak.

Solo Ditunjuk Siapkan SDM Industri Mobil Listrik Dunia, Ini Kata Gibran

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebut Solo Technopark yang ditunjuk jadi penyedia SDM untuk pengembangan industri mobil listrik dunia sangat sibuk setahun terakhir ini.

Riset Belanda Ungkap Tiga dari 10 Situs Jawa Kuno di Boyolali Hilang

Masa Jawa Kuno meninggalkan sejumlah peradaban di Kota Susu Boyolali, di mana berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Leiden Belanda dalam riset disertasinya pada 2009, mengungkap tiga dari 10 situs dinyatakan hilang.

Info Lur! 2.241 Loker Tersedia di Virtual Job Fair 2022 Wonogiri

Sebanyak 2.241 lowongan kerja dari 25 perusahaan tersedia pada Wonogiri Virtual Job Fair 2022.

Salah Satu Peritel Terbesar Asia Masuk Solo, Sudah Survei Lokasi Loh!

Salah satu perusahaan ritel atau peritel terbesar di Asia, PT Lulu Group Retail berekspansi ke Solo dan tengah melakukan survei lokasi.

Wuih, Crazy Rich Grobogan Joko Suranto Juga Bangun Jalan di Bandung Euy

Pengusaha berjuluk crazy rich Grobogan, Joko Suranto, ternyata juga pernah membangun jalan di Cicalengka, Bandung, Jawa Barat, pakai uang pribadi senilai Rp1 miliar.

Disparbudpora Klaten Petakan Taman Nyi Ageng Rakit, untuk Apa?

Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Klaten memetakan Taman Nyi Ageng Rakit.

Tunggu SE Wali Kota, Satpol PP Solo Minta Warga Tetap Pakai Masker

Satpol PP Solo mengimbau masyarakat tetap memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan atau tempat terbuka karena belum ada SE Wali Kota yang mengatur boleh lepas masker.

Disdukcapil Klaten Luncurkan Sakura Pengganti Sipon Keduten, Apa Itu?

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Klaten meluncurkan pelayanan online baru bernama Sakura, akronim dari Sistem Layanan Administrasi Kependudukan Dalam Jaringan.

249 Calhaj Boyolali Tidak Bisa Naik Haji Tahun 2022, Ini Sebabnya

Kuota haji Boyolali pada 2022 sebanyak 317 calon jemaah haji dengan 91 cadangan.

Tali Pusar Masih Menempel, Ini Usia Bayi yang Membusuk di Bengawan Solo

Tali pusar masih menempel di perut bayi yang jasadnya ditemukan membusuk di pinggri Bengawan Solo di Jaten, Karanganyar.

8 Calhaj Klaten Tunda Keberangkatan Tahun Ini, Kenapa?

Kabupaten Klaten mendapatkan kuota pemberangkatan haji sebanyak 493 calon jemaah haji (calhaj) di tahun ini.

5 Desa di Karanganyar Ini Dicanangkan Jadi Desa Cantik, Apa Itu? 

Lima desa di lima Kecamatan di Karanganyar dicanangkan menjadi Desa Cantik yang merupakan kependekan dari Desa Cinta Statistik.