Tutup Iklan

UMK 2018 : Buruh Boyolali Tolak Usulan UMK Rp1.651.650

UMK 2018 : Buruh Boyolali Tolak Usulan UMK Rp1.651.650

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Upah Buruh (JIBI/Solopos/Antara)

UMK 2018, Boyolali tengah mengusulkan UMK ke Gubernur Jateng.

Solopos.com, BOYOLALI -- Pemerintah Kabupaten Boyolali mengusulkan upah minimum kabupaten (UMK) 2018 senilai Rp1.651.650 atau naik 8,7% dari UMK sebelumnya senilai Rp1.519.289. Usulan ini langsung ditolak oleh kalangan buruh lantaran dinilai tak sesuai kebutuhan hidup layak (KHL).

Kepala Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja (Dinskop Naker) Boyolali, Agus Partono, mengatakan usulan UMK Boyolali itu sudah melalui rapat Dewan Pengupahan pada Senin (23/10/2017) lalu.

Dalam rapat tersebut, Dewan Pengupahan menyatakan usulan UMK harus mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) No.78/2015 tentang Pengupahan Murni dalam penetapan UMK.

Di sana, disebutkan usulan UMK menggunakan perhitungan UMK tahun berjalan ditambah inflasi Nasional dan ditambah pertumbuhan ekonomi. "Dari hitungan tersebut, didapatkan angka Rp1.651.650. Saat ini, usulan sudah ditandatangani Pak Bupati dan sudah dikirim ke Gubernur Jateng," jelasnya, Kamis (26/10/2017).

Menurut Agus, Bupati hanya bisa menjalankan peraturan pemerintah. Bupati tak punya pilihan untuk menolak PP tersebut. "Kita taati bersama aturan pemerintah ini," ujarnya.

Terkait usulan UMK ini, kalangan buruh menolak tegas. Ketua Federasi Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Boyolali, Wahono, mengatakan usulan UMK itu tak sesuai dengan KHL Boyolali senilai Rp1,9 juta. Dewan Pengupahan, kata dia, mengusulkan UMK hanya mengacu pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

"Mestinya usulan UMK mengacu pada KHL. Karena peraturan menteri belum mengatur PP tersebut. Makanya, kami tegas menolak usulan UMK Boyolali itu," jelasnya.

Sikap penolakan kalangan buruh ini juga disampaikan Mulyono, anggota KSPN yang duduk sebagai Dewan Pengupahan. Mulyono bahkan menolak menandatangi usulan UMK Boyolali hasil rapat Dewan Pengupahan.

"Kami diminta menyebutkan alasan penolakan usulan UMK itu. Alasan kami tegas, karena usulan itu tak sesuai dengan KHL," jelasnya.

Menurut Mulyono, nilai KHL Boyolali ialah Rp1,9 juta. Angka itu dihitung berdasarkan survei KSPN pada September-Oktober 2017.

Berita Terkait

Berita Terkini

BPCB Jateng Tutup Candi Ceto dan Sukuh Karanganyar, Ada Apa Ya?

BPCB Jateng menutup objek wisata Candi Sukuh, Candi Ceto, dan Museum Sangiran Klaster Dayu, Karanganyar, mulai 22 Juni hingga 2 Juli.

Habis Kunker, Puluhan Anggota DPRD Bantul Jalani Swab PCR

Anggota Dewan menjalani swab PCR karena Ketua DPRD Bantul dan salah satu anggota Komisi B dinyatakan positif Covid-19 seusai kunker.

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Terlambat Naik, Penjala Ikan di Banjarnegara Ini Terjebak di Tengah Sungai

Seorang penjala ikan di sungai serayu, Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara yang terjebak di tengah arus aliran deras sungai.

Euro 2020 Malam Ini: Cheska Vs Inggris dan Kroasia Vs Skotlandia

Inggris dan Rep Cheska sudah pernah bertemu sebanyak empat kali sejak 1998. Hasilnya, Inggris mampu menyabet dua kemenangan, Republik Cheska satu kali menang, sementara sisanya berakhir imbang.

Sepeda Anti Jatuh dari Tiongkok, Tetap Seimbang Saat Berhenti

Seorang Vlogger asal Beijing, Tiongkok menunjukkan sebuah sepeda otonom yang mampu tetap seimbang tanpa jatuh saat dalam keadaan berhenti.

Hipertensi Komorbid Penyebab Kematian Terbanyak Pasien Covid-19

Selain menjadi komorbid penyebab kematian terbanyak pasien Covid-19, hipertensi dikenal juga sebagai silent killer.

Marak Bangunan Liar di Tepi Jalan Solo-Purwodadi, Ini Sebabnya!

Jumlah bangunan liar di tepi jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di saluran irigasi Kedung Kancil di wilayah Doyong dan Soko, Kecamatan Miri, Sragen, terus bertambah.

Lokasi Pendidikan Anak-Anak Perusak Makam Mojo Solo Tak Berizin, Kemenag Jateng: Bubarkan!

Kemenag memastikan tempat pendidikan anak-anak pelaku perusak makam di Mojo, Pasar Kliwon, Solo, tidak berizin dan harus dibubarkan.

Nilai Transaksi Pasar Modal di Soloraya Turun, Kenapa?

Jumlah investor di Soloraya naik signifikan pada semester I tahun 2021, meski nilai transaksi turun karena kondisi pasar modal kurang bagus.

PO Ini Operasikan Bus Premium, Salah Satunya Berpusat di Palur

Bus-bus kelas premium jadi cara sejumlah PO untuk menggaet penumpang saat berpergian, salah satunya PO itu ada di Palur Karanganyar.

Pencurian Toko Ponsel di Madiun Terekam CCTV, Pelaku Kenakan Masker

Aksi pencurian terekam dalam CCTV atau kamera pengintai yang terpasang di dalam toko ponsel Majuhardware, Caruban, Kabupaten Madiun.