UMK 2017 : Usulan UMK Klaten 2017 Direvisi Menjadi Rp1.528.500

 Ilustrasi upah minimum kota/kabupaten (UMK). (JIBI/Solopos/Dok)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi upah minimum kota/kabupaten (UMK). (JIBI/Solopos/Dok)

UMK 2017 untuk Klaten diusulkan senilai Rp1.528.478.

Solopos.com, KLATEN – Dewan pengupahan menggelar pertemuan Kamis (10/11/2016), guna menentukan revisi rekomendasi nilai upah minimum kabupaten (UMK) Klaten 2017. Dari hasil perhitungan, nilai UMK Klaten 2017 sebesar Rp1.528.478.

Perhitungan UMK Klaten 2017 menggunakan formula mengaku PP No. 78/2015 tentang Pengupahan yang dihitung menggunakan nilai inflasi dan pertumbuhan ekonomi/produk domestik bruto (PDB).

Revisi rekomendasi UMK 2017 dilakukan setelah keluar Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan terkait data inflasi nasional 3,07 persen dan pertumbuhan PDB 5,18 persen. Sebelumnya, penghitungan UMK menggunakan data inflasi nasional 3,07 persen dan pertumbuhan PDB 4,97 persen.

Kabid Tenaga Kerja Dinsosnakertrans Klaten, Rinto Patmono, mengatakan rapat Dewan Pengupahan di antaranya dihadiri perwakilan buruh dalam hal ini Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) serta perwakilan pengusaha yakni Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

“Dalam pertemuan tadi dari akademisi juga ada termasuk kepolisian,” kata Rinto, Kamis. Rinto mengatakan dari hasil perhitungan nilai UMK diperoleh Rp1.528.478. Jumlah itu meningkat dibanding UMK Klaten 2017 yang sebelumnya sudah direkomendasikan yakni Rp1.525.500.

Berdasarkan hasil perhitungan revisi UMK itu, SPSI meminta ada pembulatan sehingga diperoleh usulan UMK 2017 sebesar Rp1.528.500. “Kemudian ada persetujuan. Jadi, ada kenaikan Rp3.000 dibanding usulan UMK 2017 sebelumnya,” kata dia.

Rinto mengatakan setelah ada kesepakatan nilai UMK dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara terkait usulan UMK 2017. Hanya, perwakilan dari Apindo belum melakukan penandatanganan lantaran yang hadir dalam rapat tersebut Sekretaris Apindo Klaten.

“Tadi berita acara langsung ditandatangani. Tetapi dari Apindo belum karena tadi yang hadir itu sekretarisnya. Sementara, berita acara usulan UMK harus ditandatangani ketuanya. Besok kami akan datangi Apindo untuk melakukan penandatanganan berita acara,” urai dia.

Rinto menjelaskan jika Apindo merasa keberatan usulan UMK Klaten 2017 tetap diajukan ke provinsi. Hanya, nilai yang diusulkan sesuai dengan hasil perhitungan atau tidak ada pembulatan nilai.

“Seandainya Apindo tidak setuju dengan pembulatan angka UMK, ya tetap nanti diusulkan ke provinsi tetapi nilainya sesuai perhitungan, tidak ditambahi tidak dikurangi [Rp1.528.478]. Selama ini Apindo prinsipnya setuju asal semua dilakukan sesuai aturan,” ungkapnya.

Ketua SPSI Klaten, Sukadi, mengatakan sempat ada tarik menarik pendapat terkait pembulatan nilai revisi rekomendasi UMK 2017. Namun, dari hasil pembahasan diputuskan ada pembulatan nilai UMK hasil perhitungan menjadi Rp1.528.500.

“Tadi memang Apindo belum tanda tangan karena yang hadir pada rapat Dewan Pengupahan sekretaris. Jadi, belum tahu kejelasannya apakah nanti Apindo menyetujui atau tidak,” urai dia.

Jika nilai revisi rekomendasi UMK disetujui, Sukadi mengatakan peringkat UMK Klaten naik dari sebelumnya posisi lima di Soloraya menjadi posisi ketiga. ”Kalau ini disetujui UMK Klaten ranking tiga setelah Karanganyar dan Solo,” kata dia.

Berita Terkait

Espos Premium

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Indonesia membeli lisensi desain kapal perang jenis frigat yang akan dibuat oleh PT PAL di Surabaya. Desain yang dipilih adalah Arrowhead 140 dari Babcock, Inggris, yang berbobot lebih dari 5.000 ton dan akan menjadi kapal frigat terbesar Indonesia.

Berita Terkini

KKN UNS Tim 361 Edukasi Warga Ngargisari Sragen Hidup Sehat di Masa Pandemi

Tim 361 KKN UNS kemudian berinisiatif mengadakan sosialisasi pola hidup sehat di Desa Ngargosari, Sumberlawang, Kabupaten Sragen.

Upaya Penyisiran Lokasi Tenggelamnya Kapal Pengayoman IV di Perairan Cilacap

Tenggelamnya Kapal Pengayoman IV menyebabkan dua orang meninggal

Jangan Sampai Jadi Korban, Ini Tips Terhindar dari Penipuan Arisan Online

Saat ini banyak orang yang menggunakan tameng arisan online sebagai modus penipuan yang menimbulkan banyak korban.

Mau Tahu Harta Kekayaan Para Artis yang Jadi Anggota DPR? Ini Daftarnya

Masyarakat sebenarnya bisa ikut memantau harta kekayaan para artis yang jadi anggota DPR ini.

Kelola Sampah Organik dengan Maggot, Omah Limbah Gempol Klaten Wakili Jateng ke Tingkat Nasional

Omah Limbah Gempol mengelola sampah organik agar berdaya guna sebagai pakan utama maggot alias belatung dari lalat BSF.

Hati-Hati Lur! Jembatan Trobayan Sragen Retak-Retak, Rawan Ambles

Jembatan Trobayan di Kalijambe Sragen kembali rusak hingga mengancam keselamatan pengguna jalan, khususnya pengemudi kendaraan roda empat atau lebih.

Belajar Bahasa Inggris sambil Rebahan? Yuk, Simak Cara Berikut Ini

Di era globalisasi saat ini, kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa global bukan lagi menjadi sebuah pilihan, melainkan sebuah kebutuhan.

Kisah Kades Gempol Klaten yang Diprimpeni Arwah Leluhur saat Jalani Isoman

Kepala Desa (Kades) Gempol, Kecamatan Karanganom, Edy Suryanta, merupakan salah seorang penyintas Covid-19 di desanya, Jumat (17/9/2021).

Ella Skin Care Menginspirasi melalui 1.000 Serum

Ella Skin Care dengan produknya Matcha Sebo Control Serum mengatasi masalah jerawat yanpa efek samping.

Silaturahmi ke Kediaman Habib Luthfi Pekalongan, Airlangga: Beliau Orang Tua Kita

Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto sowan ke kediaman Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya atau Habib Luthfi.

Viral Pelajar SMA Jadi MUA, Hasil Riasannya Bikin Kaget Warganet

Seorang pelajar SMA yang diketahui bernama Desi menjadi sorotan karena keterampilannya jadi MUA. 

Potensi Pendapatan Rp42 Triliun, Ini 5 Fakta Merger Indosat dan Tri

Induk PT Indosat Tbk., Ooredoo Q.P.S.C., dan induk PT Hutchison 3 Indonesia, CK Hutchison Holdings Limited resmi bergabung atau merger.

Tak Hanya White Tiger, Monstera Variegata Marble Juga Jadi Primadona, Harganya Rp3 Juta per Daun

Petani dan pedagang tanaman hias di lereng Gunung Lawu ini menyebut bukan hanya Monstera White Tiger yang sedang hits. Dia menyebut Monstera Variegata Marble juga menjadi primadona.

Tak Cuma Dapat Bantuan Uang Buat Ngontrak, Sekeluarga Tidur di Wedangan Kartasura Juga Dapat Motor

Sekeluarga yang tidur dikolong meja di wedangan di Kartasura, Sukoharjo, mendapat bantuan senilai Rp32.650.000. Bantuan itu kemudian diwujudkan dalam bentuk motor, uang kontrakan, dan sebagainya.

118,36 Juta Dosis Telah Disuntikkan, Pemerintah Terus Upayakan Akselerasi Vaksinasi

Akselerasi vaksinasi baik dalam hal distribusi maupun pelaksanaannya terus dilakukan Pemerintah.

Para Penyanyi Tanah Air Ini Pernah Alami Insiden Memalukan di Panggung

Berbagai insiden memalukan yang dialami para penyanyi ini saat tampil di panggung adalah terjungkal hingga kostum melorot.