SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA--Massa buruh mulai berkumpul di depan Kantor Gubernur DKI Jakarta dan menutup sebagian Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, membuat kendaraan yang akan melintasi jalan raya itu pada Selasa (29/10/2013) sekitar pukul 10.30 WIB harus membelokkan kendaraan ke Medan Merdeka Timur.

Para buruh yang mengenakan jaket Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) serta membawa bendera-bendera serikat pekerja juga memarkir sepeda motor mereka di sebagian jalan raya tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Beberapa di antaranya berdiri di atas kendaraan yang dilengkapi dengan pelantang suara sambil memberikan komando kepada massa pengunjuk rasa untuk berkumpul.

“Yang berada di pohon-pohon ayo berkumpul semua ke tengah, kita berjuang bersama di sini,” kata seorang perwakilan buruh yang berdiri di atas kendaraan komando.

Para buruh yang mengendarai sepeda motor sambil membawa bendera serikat pekerja masih berdatangan dari arah Jalan Ridwan Rais, Jakarta Pusat.

Sejumlah polisi terlihat berada di antara para pengunjuk rasa, sebagian duduk di bangku-bangku yang ada di tepi jalan. Satu unit mobil polisi terparkir di depan Balai Kota DKI Jakarta.

Sekretaris Jenderal KSPI Muhammad Rusdi sebelumnya mengatakan sekitar 10.000 buruh akan berunjuk rasa di Balai Kota DKI Jakarta untuk menyampaikan tuntutan mereka sebelum aksi mogok kerja nasional 31 Oktober mendatang.

Para buruh antara lain menuntut kenaikan upah minimum menjadi Rp3,7 juta per bulan, penghapusan sistem alihdaya dan penerapan sistem jaminan kesehatan nasional mulai 1 Januari 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya