SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

logo umbpt-bimbelmediacomSolopos.com, SOLO — Sebanyak 6.267 peserta Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Minggu (21/7/2013). Seluruh peserta memperebutkan kursi terakhir masuk UNS.

Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, Sutarno, saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (20/7/2013) sore, memaparkan peserta UMB-PT terdiri dari 2.962 peserta kelompok ujian IPA, 2.387 peserta kelompok ujian IPS serta 918 peserta kelompok ujian campuran.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

“Sebanyak 6.267 peserta adalah mereka yang telah mendaftar dan membayar biaya UMB-PT. Sementara peserta yang hanya mendaftar tercatat 7.300-an lebih hingga Jumat [19/7]. Seluruh peserta memperebutkan sekitar 1.013 kuota terakhir masuk UNS,” ujarnya.

Sutarno memprediksi persaingan dalam UMB-PT berlangsung ketat mengingat jalur tersebut merupakan jalur terakhir masuk UNS. Dia mencontohkan, Kamis (18/7/2013) lalu, pendaftar program studi Pendidikan Dokter tercatat lebih dari 2.000 orang. Padahal, kuota yang tersedia untuk prodi itu hanya tersisa 23 kursi. Dengan demikian, dirinya memperkirakan tingkat persaingan di prodi Pendidikan Dokter mencapai 1:100 orang.

Sebelumnya, Panitia SPMB UNS memperkirakan hanya ada 4.000 pendaftar UMB-PT. Lonjakan pendaftar hingga 7.300-an lebih orang, lanjut Sutarno, dikarenakan masih banyak alumni SMA/sederajat yang tidak lolos jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Juni lalu. Hingga Kamis, soal dan lembar jawab yang disediakan pusat hanya 6.500 eksemplar.
Untuk itu, pihaknya sempat meminta soal dan lembar jawab tambahan kepada Perhimpunan SPMB Nusantara pada Jumat. Permintaan soal dan lembar jawab tambahan sekaligus membatalkan rencana menggandakan soal secara mandiri dengan difotocopi yang sebelumnya digulirkan.

“Memfotokopi soal dan lembar jawab berisiko pada kualitas keduanya. Untuk itu, kami pilih minta tambahan soal,” imbuh Sutarno.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Eksekutif Panitia SPMB UNS, Sunardi, mengungkapkan sekitar 5.000 soal dan lembar jawab tambahan sudah tiba di UNS, Sabtu sore. Meski akhirnya peserta UMB-PT  tidak melebihi jumlah soal dan lembar jawab yang ada sebelumnya, tambahan tetap disiapkan sebagai antisipasi kerusakan soal.

Sunardi memaparkan, ada empat lokasi pelaksanaan UMB-PT, yakni Kampus Pusat Kentingan, Kampus PGSD Kerten, Kampus FKIP POK Manahan serta Kampus Tirtomoyo. Sebanyak 314 ruang ujian dan 628 pengawas disiapkan untuk UMB-PT. Masing-masing ruang ujian berisi 20 peserta.

Pelaksanaan UMB-PT dimulai serentak pukul 09.00WIB untuk kelompok ujian IPA dan berakhir pukul 10.30 WIB. Pukul 11.00WIB-12.30 WIB, seluruh peserta baik kelompok ujian IPA maupun IPS mengerjakan tes keterampilan dasar. Selanjutnya, pukul 13.00WIB-14.30 WIB dilaksanakan tes kelompok ujian IPA.  Adapun peserta kelompok ujian campuran mengerjakan seluruh tes pada Minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya