SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, MUNGKID Umat Buddha, Sabtu (18/5/2019), menyantuni ratusan biksu alias pindapata di halaman Candi Mendut, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sesuai tradisi, menjelang puncak Waisak 2563 BE/2019 yang puncak acaranya bakal digelar di Candi Borobudur, umat Buddha memberikan persembahan berupa uang dan makanan kepada para biksu.

Dalam pindapata tersebut, umat Buddha berjajar di sekitar Candi Mendut dan para biksu berjalan membawa wadah untuk menerima sumbangan dari umat. Seorang umat Buddha yang juga warga Cirebon, Candra Wijaya, 46, menuturkan pindapata itu memberikan persembahan kepada biksu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kita memberikan dana atau makanan kepada biksu, diberikan kepada biksu sebagai ucapan terima kasih karena mereka merupakan guru kita. Dalam pindapata ini saya memberikan uang karena praktis,” katanya.

Pria yang baru pertama kali mengikuti prosesi Waisak di Candi Mendut dan Candi Borobudur itu, mengatakan perayaan Waisak di tempat itu cukup meriah. “Biasanya saya mengikuti perayaan Waisak di wihara di Cirebon dan tidak semeriah ini, biksu atau bantenya tidak sebanyak di sini. Kalau di Cirebon hanya sekitar 20-an biksu, kalau di sini ratusan,” katanya.

Koordinator Dewan Sangha Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Biksu Tadisa Paramita Mahasthavira mengatakan pindapata merupakan tradisi dari Sang Buddha. Tradisi pindapata, ujar dia, untuk mengalahkan ego yang sombong, supaya mereka hidup dengan dana makanan dari umat.

Melalui prosesi pindpata itu, kata dia, para biksu atau bante melatih diri, sedangkan umat memiliki kesempatan untuk menanam pahala dari ladang subur pindapata tersebut. Pada Hari Tri Suci Waisak, umat Buddha merayakan tiga peristiwa besar dalam ajaran Buddha, yakni kelahiran Sidarta Gautama, Sidarta memperoleh penerangan sempurna sebagai Sang Buddha, dan Sang Buddha Gautama mangkat.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya