SOLOPOS.COM - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

JAKARTA–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta Komando Pasukan Khusus (Kopassus) menjaga profesionalisme dan menjadi satuan elit kebanggaan bangsa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Permintaan itu disampaikan Presiden Yudhoyono melalui akun Twitter-nya, Selasa (16/4/2013) pagi, bertepatan dengan ulang tahun Kopassus yang ke-61.

“Selamat Ulang Tahun Kopassus. Jaga profesionalisme. Teruslah menjadi Satuan Elit Kebanggaan Bangsa,” tulis Presiden yang tengah melakukan kunjungan kerja ke desa nelayan Dusun Pasirputih, Karawang itu di akunnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Akun twitter Presiden Yudhoyono, @SBYudhoyono, diluncurkan secara resmi pada Sabtu malam (13/4/2013) dan sejauh ini telah memiliki pengikut lebih dari 800.000.

Dalam bio akun itu disebutkan bahwa akun itu adalah akun resmi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dikelola oleh Staf Khusus Presiden Republik Indonesia. Namun kicauan langsung dari Presiden Yudhoyono akan ditandai *SBY*.

Sementara itu Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) TNI Angkatan Darat Mayjen TNI Agus Sutomo dalam sambutannya pada acara Peringatan HUT Ke-61 Kopassus di Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, menegaskan, tak seorang pun bisa menghancurkan Kopassus yang sudah berdiri sejak 61 tahun lalu.

“Kopassus aset negara dan milik rakyat, bukan milik prajurit komando. Oleh karena itu, sudah selayaknya seluruh warga negara harus memelihara Kopassus. Ini adalah senjata negara. Tak seorang pun boleh menghancurkan Kopassus,” katanya.

Ia mengatakan hal-hal positif akan terus dikembangkan dan berkomitmen untuk memperbaiki yang kurang. Ia pun mengimbau kepada prajurit Kopassus untuk mencirikan jujur, kesatria, bertanggung jawab dan jiwa korsa tinggi.

“Serta hanya satu kalimat, prinsip kami, loyalitas tegak lurus ke atas,” ujarnya, menegaskan.

Ia menegaskan, Kopassus merupakan bagian dari TNI, di mana Kopassus sebagai garda terdepan menjaga bingkai keutuhan NKRI dan menjaga keselamatan rakyat.

Anggota Komisi I DPR, Susaningtyas Kertopati, yang juga hadir dalam peringatan itu berharap agar Kopassus menjadi pasukan khusus yang bertekad menjaga NKRI dengan semangat korsa yang dimilikinya. Ia juga mengimbau agar Kopassus dalam melakukan penegakan HAM, cerdas, dan memiliki visi misi pertahanan yang dilengkapi dengan semangat reformasi ke arah yang lebih baik.

Dalam peringatan HUT Ke-61 Kopassus itu, juga hadir mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, Wakil Ketua DPR Priyo Budisantoso, Ketua DPD RI Irman Gusman, mantan Gubernur DKI Jakarta sekaligus purnawirawan TNI Sutiyoso, mantan Danjen Kopassus Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Moeldoko, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan sejumlah purnawirawan anggota TNI.

JIBI/SOLOPOS/Antara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya