SOLOPOS.COM - ilustrasi (google.image)

ilustrasi (google.image)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Karanganyar (Solopos.com)–Fenomena ulat bulu mulai merambah Kabupaten Karanganyar. Ribuan ulat bulu menyerbu tanaman mangga milik warga di wilayah Ngringo, Kecamatan Jaten, Karanganyar.

Warga pun resah dan khawatir populasi ulat bulu tersebut bakal menyerang hingga ke pemukiman penduduk. Mereka ramai-ramai membakar dan melakukan berbagai upaya untuk memutus populasi ulat bulu yang terus meningkat.

Salah satu warga RT 1/RW V Winong, Desa Ngringo, Mujiyono kepada wartawan, Senin (18/4/2011), mengaku resah dengan munculnya ribuan ulat bulu dalam dua pekan terakhir. Berbagai upaya telah dilakukan, termasuk membakar dan menyemprot ulat dengan cairan thinner.

“Tapi begitu ulat bulu disemprot pakai thinner dan dibakar, besok paginya justru tambah banyak. Jumlahnya tidak ratusan lagi tapi ribuan,” tuturnya.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Karanganyar Siti Maesyaroch mengatakan berbagai upaya dilakukan untuk pencegahan terhadap serangan ulat bulu, termasuk melakukan kerjasama dengan laboratorium penanggulangan penyakit hama dan penyakit tanaman Solo.

“Kami tetap berupaya melakukan pencegahan. Salah satunya dengan mencari semut cangkrang dan menyebar burung untuk mencegah serangan ulat ini,” kata Siti.

isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya