SOLOPOS.COM - Sejumlah ulat bulu membuat resah warga Magetan, Jatim. (istimewa/Solopos/dok)

Ulat bulu mulai mewabah warga di Kabupaten Magetan. Warga pun dibuat resah oleh ulat yang bikin gatal-gatal kulit itu.

Madiunpos.com, MAGETAN–Puluhan warga Magetan yang tergabung dalam grup facebook
mengungkapkan bahwa di sekitar tempat tinggal mereka mulai mewabah ulat bulu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu akun facebook, Kuncara Nata Waskita mengunggah sebuah foto berisi kumpulan ulat bulu di pekarangan rumahnya di Desa Pacalan, Plaosan, Magetan, Rabu (7/1/2015). Foto tersebut langsung dibanjiri para netizen.
Mereka mengaku bahwa ular jenis tersebut juga mewabah di lingkungan sekitarnya.

“Podo Lur. nggonku yo usum uler. Mentolo tak bothok. [Sama, sedulur. Di lingkunganku juga banyak ular seperti itu. Saya gemes sampai mau saya sayur],” ujar pemilik akun Moeedzz Badboyze.

Hal senada juga diungkapkan pemilik akun facebook, Dewi Larasati. Menurutnya, ular jenis itu mewabah di pekarangannya yang banyak pohon jatinya. “Podo. ular jati di sekitarku,” ujarnya.

Sebagian netizen pun memberikan komentar tentang bahaya ular itu, sebagian jijik, dan minta warga Magetan waspada atas bahanya ulat tersebut.

Sebagaimana diketahui, ulat bulu ini dapat menyebabkan gatal bila tersentuh kulit. Ulat ini hidup dengan memakan daun-daunan. Keberadaan mereka biasanya menggerombol cukup banyak hingga membuat jijik yang melihatnya.

Untuk membasminya, sebagain warga ada yang memakai cara tradisional antara lain dengan menyemprot ulat bulu dengan air yang dicampur detergen.
Cara ini dinggap cukup efektif,terbukti setelah disemprot ulat tersebut berjatuhan dan mati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya