SOLOPOS.COM - Petugas kebersihan Balai Kota Solo, Suyut, menunjukkan ular sanca kembang yang berhasil ditangkap,Kamis (12/12/2019). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Seekor ular sanca kembang atau sanca batik yang ikut ngantor alias berkeliaran di Balai Kota Solo. Ular yang membuat sejumlah orang bergidik itu berhasil ditangkap oleh Untung Sriyono atau Suyut, petugas kebersihan di kompleks kantor setempat, Kamis (12/12/2019) pagi.

Ular dari suku Pythonidae itu ditangkap di depan Kantor Wali Kota Solo sekitar pukul 09.00 WIB. Suyut mengaku tak kesulitan, karena ular tersebut diduga masih anakan dengan diameter dua sentimeter dan panjang satu meter.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ular sanca kembang yang berkeliaran di Balai Kota Solo. (Solopos/Mariyana Ricky)
Ular sanca kembang yang berkeliaran di Balai Kota Solo. (Istimewa)

“Ular itu melingkar di jalur hijau atau taman di belakang Pendapi Gede. Petugas taman tidak berani mengevakuasi lalu memanggil saya. Dia mendapati ular itu tengah melingkar di dekat pohon akasia saat akan memangkas rumput,” kata dia, kepada Solopos.com.

Suyut mengatakan penemuan ular tersebut adalah kali ke-20 selama dua hingga tiga bulan terakhir. Beberapa di antaranya sudah dipelihara oleh aparatur sipil negara (ASN) dan petugas kebersihan lainnya.

Lokasi penemuan ular sanca kembang di Balai Kota Solo. (Solopos/Mariyana Ricky)
Lokasi penemuan ular sanca kembang di Balai Kota Solo. (Solopos/Mariyana Ricky)

“Saya menduga ular itu berasal dari saluran air yang muaranya di Kali Pepe. Semua dirawat oleh petugas. Enggak ada yang dibunuh. Cara menangkapnya mudah karena belum bisa melilit kencang dan tidak berbisa. Saya pegang kepalanya terlebih dahulu lalu saya simpan sementara di toples,” terang Suyut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya