SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tunjangan Hari Raya (THR). (JIBI/Solopos/Reuters)

Harianjogja.com, JOGJA—Di usia ke-53 tahun, Bank Jogja meneguhkan komitmen semakin berpihak dan peduli kepada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Direktur Utama Bank Jogja Kosim Junaedi mengatakan untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat ke depan, pihaknya akan menambah kantor kas di setiap kecamatan. Bahkan, Bank Jogja akan menambah layanan dengan anjungan tunai mandiri (ATM) dan electronic data capture (EDC).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami memiliki tugas untuk mengembangkan perekonomian, UMKM. Selain itu, kami juga harus menggerakkan pembangunan daerah melalui kegiatan usaha ini,” ujar Kosim di sela peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bank Jogja, Minggu (11/5/2014).

Mengambil tema utama Bersama Masyarakat Membangun UMKM Jogja, diharapkan Bank Jogja semangat untuk mengembangkan UMKM. Hal ini tercermin dari pertumbuhan kredit untuk UMKM yang ditunjukkan dalam bentuk pemberian kredit modal kerja.

“Selama empat bulan sejak Januari-April tahun ini, kami menyalurkan dana Rp36 juta atau naik 18,70 persen jika dibandingkan April 2013 lalu yang sebesar Rp30,3 juta,” katanya.

Di samping itu, kinerja Bank Jogja setiap tahun terus mengalami peningkatan. Pada akhir 2013 Bank Jogja membukukan laba sebesar Rp8 miliar atau naik 27,74% jika dibandingkan pada 2012 (Rp6,27 miliar). Pertumbuhan ini berdampak pada sumbangan pendapatan asli daerah (PAD) ke Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja dari Rp3,1 miliar (2012) naik menjadi Rp4 miliar (2013). Setoran PAD Bank Jogja mengalami kenaikan Rp870 juta.

Hingga akhir 2013, Bank Jogja memiliki total asset sebesar Rp351 M atau naik 20,16% dibandingkan 2012 sebesar Rp292 miliar. Sementara, rasio non performing loan (NPL) alias kredit macet sebesar 1,61% jauh di bawah ketentuan Bank Indonesia yang mensyaratkan NPL maksimum 5%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya