SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menggelar pesta olahraga tahunan yang diperuntukkan bagi mahasiswa. Ajang bertajuk Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) UKSW 2019 digelar selama dua pekan, Senin-Sabtu (18-30/3/2019).

Pembantu Rektor IV UKSW, Joseph Ernest Mambu, mengatakan POM UKSW 2019 mempertandingkan 12 cabang olahraga (cabor). Ia berharap ajang ini tak hanya mampu melahirkan atlet mahasiswa yang berbakat, tapi juga mampu memupuk jiwa kepemimpinan civitas academica Kampus UKSW Salatiga.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

“Dalam sebuah pertandingan, masing-masing kita tentu harus mampu menjadi pemimpin. Baik itu pemimpin bagi diri sendiri maupun dalam tim. Saya harap melalui kegiatan ini berbagai macam kepemimpinan dapat dipupuk dan dipertajam untuk meningkatkan kapasitas diri,” tegas Joseph dalam keterangan resmi yang diterima Semarangpos.com, Rabu (20/3/2019).

Lebih lanjut, Joseph juga mendukung POM sebagai sebuah usaha untuk menggiatkan kembali gerakan masyarakat hidup sehat melalui olahraga. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dua cabang olahraga baru diusung untuk meramaikan gelaran POM tahun ini. Dua cabang olahraga tersebut adalah biliar dan maraton.

Ketua panitia POM UKSW 2019, Ade Hilman Putra Mustafa, mengatakan dua cabor itu termasuk olahraga favorit mahasiswa. “Fun run [maraton] kami buat untuk rute dengan total jarak 5 km dan terbuka untuk umum. Rencana digelar tanggal 30 Maret nanti dengan start dan finis di [kampus] UKSW, seratus pelari tercepat akan memperoleh medali,” tuturnya.

Selain itu, cabor lainnya yang dipertandingkan adalah sepak bola, basket, futsal, voli, badminton, tenis meja, traditional games, catur, dan dance.

Disampaikan Ade, POM kali ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa empat belas fakultas di UKSW yakni Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Biologi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (Fiskom), Fakultas Interdisiplin, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB), Fakultas Psikologi, Fakultas Sains dan Matematika (FSM), Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer (FTEK), Fakultas Teknologi Informasi (FTI), Fakultas Teologi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga, STIE AMA, serta gabungan mahasiswa Pasca Sarjana UKSW juga turut memeriahkan pergelaran POM tahun ini.

Ade menambahkan POM yang mengangkat tema “Kobarkan Semangat Satya Wacana” itu menghadirkan maskot baru yang diberi nama Gagan. Gagan merupakan sosok gajah berwarna abu-abu yang kuat dan ceria serta sangat menjunjung tinggi sportifitas dalam olahraga.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya