SOLOPOS.COM - Ilustrasi rudal (Darkgovernment.com)

Solopos.com, KIEV – Ukraina sepakati pembelian 150 rudal anti-tank Javelin dengan nilai 39 juta dolar AS, menurut ajudan Kongres Amerika Serikat pada Selasa (1/10/2019).

Ia mengacu pada pembelian yang terpisah dari bantuan AS di tengah penyelidikan pemakzulan Presiden Donald Trump.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penjualan itu, yang didanai pemerintah Ukraina dan bukan dengan dana AS, rampung pada akhir Juni atau awal Juli, beberapa pekan sebelum percakapan Trump pada 25 Juli dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, yang terindikasi oleh adanya aduan pengungkap.

Ekspedisi Mudik 2024

Pemimpin komisi Kongres menandatangani penjualan Javelin dalam sepekan terakhir berdasarkan proses peninjauan informal untuk penjualan besar militer internasional.

Ajudan itu mengatakan ia berharap penjualan tersebut akan segera diumumkan, sementara juru bicara Departemen Luar Negeri tidak langsung menanggapi permintaan untuk dimintai keterangan.

Penjualan rudal anti-tank Javelin, yang diproduksi oleh Raytheon Co dan Lockheed Martin Corp, pertama kali dilaporkan oleh Bloomberg.

Pembelian itu terpisah dari bantuan militer Amerika Serikat senilai 391 juta dolar AS untuk Ukraina, yang menjadi aktor utama dalam penyelidikan pemakzulan DPR terhadap Trump.

Ukraina terjebak dalam konflik dengan separatis pro-Rusia di timur negara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya