SOLOPOS.COM - Karyawan membuat kain lukis Nasrafa di Sentra Industri Kecil Menengah (IKM), Mojo, Pasar Kliwon, Solo, Minggu (14/11/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO— Salah satu produk UKM Solo, Kain Lukis Nasrafa, terlibat dalam beberapa event pameran di luar negeri tahun ini. Tujuan Nasrafa mengikuti event tersebut adalah untuk mengenalkan produk lokal ke pasar luar negeri.

Pemilik usaha Nasrafa, Yani Mardiyanto, mengatakan dirinya bersyukur karena pada 2022 ini selain bisa turut memeriahkan KTT G20, Kain Lukis Nasrafa juga mendapatkan kesempatan untuk terlibat di tiga event di Jepang dan satu event di Bangkok.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia mengatakan pada 27 April-1 Mei pihaknya ikut dalam event In Store Promotion Japan 2022 di Tsuruya. Pada tanggal 30 Juni-24 Juli, ikut dalam kegiatan Indonesia Bazaar 2022 di Osaka, Jepang.

Kemudian pada 14-16 September nanti juga dijadwalkan ikut dalam Osaka International Lifestyle Show 2022. Sedangkan pada 16-18 September juga dijadwalkan ikut dalam acara Indonesia Fair di Bangkok.

Baca Juga: Rancangan Busana Siswa SMK Kudus Dinilai Bisa Tembus Nasional

Dia mengakui melalui kegiatan pameran tersebut baik yang digelar di dalam negeri maupun luar negeri bisa berdampak positif pada promosi produk. Pihaknya berharap Kain Lukis Nasrafa akan semakin dikenal, bukan hanya di pasar nasional namun hingga pasar luar negeri.

“Saat ini banyak pesanan dari kalangan ekonomi menengah ke atas untuk efek dalam negeri. Beberapa kedutaan juga turut melirik untuk mengajak pameran. Setidaknya produk-produk Nasrafa mulai dikenal di luar negeri,” kata dia, Minggu (14/8/2022).

Sedangkan mengenai penjualan di lokasi pameran di Jepang, dia mengatakan sudah mulai terlihat meskipun belum banyak sekali.

Baca Juga: Sejarah Bendera Merah Putih, Ternyata Dikenal Sejak Pra Sejarah

Sebelumnya, Kain Lukis Nasrafa terpilih sebagai jenis usaha dengan produktivitas, kreativitas, dan nilai artistik terbaik dalam ajang penghargaan nasional Paramakarya 2021. Pada 2020 lalu, Nasrafa juga terpilih sebagai penerima penghargaan Siddhakarya untuk tingkat provinsi. Kemudian pada 18 November 2021 Nasrafa menerima penghargaan Paramakarya 2021 dari Presiden.

Yani mengatakan ada delapan aspek yang dinilai dalam Paramakarya. Di antaranya mengenai produksi, kreativitas, legalitas, pengelolaan SDM dan sebagainya. Nasrafa yang menonjol di produk kreatif, inovatif dan artistiknya.

“Kemudian pengelolaan SDM, mengelola pelukis tidak gampang agar bisa tepat waktu dan terkelola dalam satu tim. Total kami ada 10 pelukis. Legalitas kami juga lengkap sampai untuk keperluan ekspor,” jelasnya beberapa waktu lalu.

Sedangkan untuk pasar lokal, Kain Lukis Nasrafa telah menyasar ke semua wilayah. Segmen pasar, saat ini lebuh mengerucut ke kalangan profesional maupun para pejabat. Meski tidak menutup kemungkinan juga diterima oleh segmen lain.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya