SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, SLEMAN—Ujian susulan bagi siswa SMA/SMK sederajat di Sleman yang akan dimulai pada 22 April 2014,  diikuti tujuh siswa. Mereka menjadi peserta ujian susulan karena pada pelaksanaan Ujian Akhir Nasional (UAN) beberapa waktu lalu berhalangan hadir akibat sakit. Ujian susulan diselenggarakan di beberapa Kelompok Kerja (Pokja).

“Ujian susulan ini pelaksanaannya tidak di sekolah, tapi di Pokja,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Sleman, Arif Haryono, Senin (21/4/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebanyak enam Pokja yang akan menjadi penyelenggara antara lain SMK Negeri 1 Tempel, SMK Negeri 1 Depok, SMK Negeri 2 Depok, SMK Negeri 1 Godean, SMA Negeri 1 Sleman, dan SMA Negeri 1 Kalasan.

Terkait tujuh siswa yang mengundurkan diri dari UAN, Arif Haryono memaparkan tindaklanjutnya masih dalam proses. “Sekolah baru kita minta untuk melakukan penelusuran, kemana anak-anak itu,” katanya. Harapannya, siswa yang mengundurkan diri tersebut dapat mengikuti Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) sekitar September-Oktober 2014.

Daftar peserta UAN telah ditetapkan sejak Januari 2014. “Mereka yang kemudian tidak aktif, bagaimanapun sudah terdaftar sebagai peserta UAN. Jika tidak mengikuti ujian nasional, diharapkan mereka bisa mengikuti kesetaraan,” ujar Arif Haryono.

Sementara itu soal ujian susulan telah dikirimkan ke beberapa Pokja yang memang telah menyelenggarakan ujian susulan hari pertama, Selasa (22/4/2014). Bagi Pokja yang belum menyelenggarakan ujian susulan hari pertama, soal masih disimpan di Dinas Dikpora Sleman.

“Soal masih di dinas karena pelaksanaan di sini masih hari kamis,” kata Hemintarsih, Ketua Pokja 3 SMA sekaligus Kepala SMA Negeri 1 Sleman. “Soal nanti kami ambil pada hari Rabu,” imbuhnya.

Di SMA Negeri 1 Sleman, terdapat 1 siswa sekolah tersebut yang mengikuti ujian susulan khusus mata pelajaran Ekonomi. “Hanya satu siswa dan satu mata pelajaran. Kemarin tidak ikut karena sakit,” jelas Hemintarsih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya