SOLOPOS.COM - Ilustrasi PTM di sekolah (Dok. Solopos.com/Antara)

USBN 2018 di Solo masih berbasis kertas.

Solopos.com, SOLO—Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jenjang sekolah menengah pertama (SMP) di Solo masih berbasis kertas. Hal itu berbeda dengan Ujian Nasional (UN) 2018 semua SMP sederajat di Solo yang berbasis komputer.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Demikian disampaikan Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Bambang Wahyono, saat dimintai konfirmasi Solopos.com, Jumat (23/3/2018).

“USBN SMP tahun ini masih berbasis paper [kertas] karena memang sejauh ini belum atau tidak ada arahan dari pemerintah pusat maupun provinsi untuk melaksanakan dengan komputer. Jadi di Solo hanya UN yang berbasis komputer 100%,” jelas Bambang melalui sambungan telepon.

Terkait persiapan USBN 2018, Disdik sudah menyosialisasikan kepada sekolah-sekolah bersamaan dengan sosialisasi UNBK saat pertemuan di SMP Negeri (SMPN) 4 Solo, Senin (19/3/2018) lalu. (baca juga: UJIAN SEKOLAH 2018 : 3 SMK di Solo Laksanakan USBN Berbasis Komputer)

“Dalam pertemuan Senin tersebut juga sudah kami sampaikan kepada ketua panitia Ujian, baik tentang UNBK maupun USBN. Jadi masing-masing mematangkan persiapannya, khususnya sarana-prasarana, personel, dan sebagainya,” tambah dia.

Sesuai arahan pemerintah pusat, penyusunan naskah USBN pada tahun ini melibatkan guru dari berbagai sekolah. Para guru itu membuat butir-butir soal dengan porsi 75% sampai 80%. Soal tersebut lantas digabungkan dengan 20% sampai 25% soal yang disiapkan pemerintah pusat.

“Jadi sekitar 75% sampai 80% naskah disiapkan guru pada satuan pendidikan dan dikonsolidasikan dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran [MGMP]. Sedangkan 20% sampai 25% dari pusat. Soal kemudian diperiksa dan dirakit bersama KKG [Kelompok Kerja Guru] atau MGMP di bawah koordinasi dinas pendidikan provinsi atau kabupaten/kota atau Kanwil/Kantor Kementerian Agama [Kemenag]. Standar dan kisi-kisi ditetapkan BSNP [Badan Standar Nasional Pendidikan],” jelas dia.

USBN 2018 dijadwalkan Senin-Jumat (9-13/4/2018) dan Senin (16/4/2018) untuk mata pelajaran (mapel) Pendidikan Agama. Sedangkan UNBK utama dijadwalkan Senin-Kamis (23-26/4/2018) dan UNBK susulan pada Selasa-Rabu (8-9/5/2018).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya