SOLOPOS.COM - Ilustrasi PTM di sekolah (Dok. Solopos.com/Antara)

Ujian nasional dan ujian sekolah berstandar nasional direncanakan digelar Mei 2017.

Solopos.com, SOLO – Penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2017 di Kota Solo bakal berlangsung tanpa pengawalan atau pengamanan dari kepolisian.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Hal itu sebagaimana instruksi Bapak Mendikbud [Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy], saat rapat koordinasi terkait UN dan USBN beberapa waktu lalu,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Etty Retnowati, ketika dimintai informasi tentang persiapan menjelang UN dan USBN 2017 untuk jenjang SMP di Kota Solo, Senin (23/1/2017).

Etty menjelaskan, penyelenggaraan UN maupun USBN kali ini dipercayakan sepenuhnya kepada guru-guru. “Artinya guru-guru diberi kepercayaan untuk pelaksanaan UN dan USBN ini dan diharapkan tidak ada kecurangan di situ,” kata dia.

Menjelang pelaksanaan UN dan USBN yang untuk sementara ini dijadwalkan Mei mendatang, Disdik telah mengirimkan satu guru dari Kota Solo untuk mengikuti Pelatihan Penulisan Soal-soal USBN yang diadakan Kemendikbud belum lama ini.

Kasi Kurikulum Bidang SMP Disdik Kota Solo, Waliyono, mengemukakan, pembuatan soal-soal UN tahun ini masih tetap menjadi kewenangan pemerintah pusat.

Sedangkan penyusunan soal-soal USBN yang diserahkan kepada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), akan memiliki komposisi yang terdiri atas 75 persen dibuat oleh Tim MGMP di daerah dan 25 persen dibuat oleh pemerintah pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya