SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional (JIBI/Solopos/Dok.)

SOLO – Sedikitnya ada 11 sekolah jenjang SMK dan SMA yang bakal digabung pada penyelenggaraan ujian nasional (UN) pada tahun 2012 ini.Penggabungan sekolah ini lantaran beberapa jurusan belum terakreditasi.

Selain itu, ada sejumlah sekolah yang muridnya dibawah 20 orang. Hal tersebut diungkapkan Kasi Kurikulum Pendidikan Sekolah Menengah Dinas Pendidikan,Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo, Budi Setiono. Menurutnya, ada sejumlah sekolah yang telah memiliki peralatan praktek yang lengkap, namun begitu mereka belum terakreditasi. “Terkait ujiannya mereka akan bergabung dengan sekolah yang memiliki jurusan serupa dan telah terakreditasi. Total untuk tahun ini ada sembilan jurusan yang berada di 11 sekolah yang bakal bergabung,” jelas dia saat dihubungi Espos, Senin (30/1/2012).

Dia mengatakan untuk SMK Ignasius Solo yang memiliki jurusan grafika misalnya, mereka harus bergabung dengan SMKN 11 Semarang. Terkait pelaksanaannya, apakah pelaksanaan ujian praktek akan diselenggarakan di Solo atau di Semarang hal itu akan dibicarakan lebih lanjut mengingat perangkat praktek di sekolah tersebut memadai. “Kemungkinan besar tetap diselenggarakan di Solo tetapi tim penguji dari Semarang. Lebih lanjut soal pelaksanaan UN, kegiatan itu juga bisa digelar di sekolah setempat karena materi ujiannya sama,” jelasnya.

Lebih rinci Budi mengungkapkan sejumlah jurusan yang pelaksanaan ujiannya bakal digabung di antaranya Produksi Grafika Teknik, Kendaraan Ringan, Jasa Boga dan Persiapan Grafika. Sementara untuk jenjang SMA ada dua sekolah yang bakal digabung yakni SMA Tripusaka akan digabung di SMAN 2 Solo, sementara untuk SMA 17 Solo akan digabung di SMAN 4 Solo.
“Pun demikian dengan peserta inklusi mereka dapat mengikuti ujian di antaranya di SMAN 8 Solo,” jelasnya.

Pada penyelenggaraan ujian nasional tahun ini jumlah peserta UN Kota Solo, yang masuk daftar nominasi sementara atau DNS yakni sejumlah 36.541 orang. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yakni 35.744. Dia mengatakan setelah pendataan DNS selesai divalidasi, dalam waktu dekat ini Daftar Nominasi Tetap (DNT) dan kartu ujian dapat segera disusun. “Sesuai jadwal pada awal Februari DNT akan siap,” jelas dia.

Terkait penyelenggaraan ujian kompetensi bagi murid SMK, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Solo, Susanta, mengaku telah mempersiapkan kelengkapan materi ujian. Dia mengatakan pelaksanaan ujian mulai digelar pada 6 Februari mendatang. “Secara materi tidak ada yang berubah dibandingkan sebelumnya,” jelas dia.

JIBI/SOLOPOS/Dina Ananti Sawitri Setyani

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya