SOLOPOS.COM - UN CBT diuji coba di SMAN 1 Surabaya, Senin (23/3/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Herman Dewantoro)

Simulasi UNBK 2017 akan diselenggarakan pada Senin (27/2) dan Selasa (28/2) pekan depan.

Harianjogja.com, KULONPROGO-Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP/MTs 2017 bakal diselenggarakan pada awal pekan depan di Kulonprogo. Namun, terdapat 12 sekolah yang dipastikan absen karena masih menunggu realisasi pengadaan komputer.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Kulonprogo, Jujur Santosa mengatakan, simulasi UNBK 2017 akan diselenggarakan pada Senin (27/2) dan Selasa (28/2) pekan depan. Kegiatan itu semestinya diikuti seluruh peserta UNBK yang berasal dari 79 sekolah. Namun, sebanyak 12 sekolah ternyata perlu menunda simulasi karena terkendala sarana dan prasarana komputer yang masih kurang. “Pengadaan komputer kita belum siap sehingga akan ada penjadwalan simulasi susulan,” ungkap Jujur, Kamis (23/2).

Ekspedisi Mudik 2024

Jujur memaparkan, UNBK memang akan dilaksanakan oleh semua SMP/MTs di Kulonprogo. Namun, hanya 15 sekolah yang mampu menyelenggarakannya secara mandiri. Sebanyak 64 lain akan melaksanakan ujian di SMA/SMK terdekat karena keterbatasan fasilitas komputer.

Pemkab Kulonprogo berusaha mengatasi permasalahan kekurangan komputer dengan mengalokasikan Rp1,068 miliar untuk pengadaan enam paket komputer dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017. Namun, pengadaan tersebut hanya cukup untuk menggenapkan jumlah komputer di 12 sekolah. Sebenarnya, Pemkab Kulonprogo juga mendapatkan program pengadaan komputer sebanyak 18 paket dari Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp150 juta per paket. Namun, belum ada kepastian mengenai realisasinya.

Jujur lalu mengungkapkan, pengadaan komputer dari alokasi APBD 2017 diperkirakan baru terealisasi pada pekan depan. Pihak sekolah tentunya juga masih membutuhkan waktu untuk melakukan perakitan dan persiapan lainnya. Kondisi itu lah yang membuat mereka menunda simulasi UNBK. “Tempat simulasi sekaligus menjadi lokasi penyelenggaraan UNBK. Jadi selain yang sudah bisa menyelenggarakan sendiri, lainnya menumpang di SMA/SMK,” kata Jujur.

UNBK SMP/MTs 2017 akan dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan pada 2, 3, 4, dan 15 Mei 2017, sedangkan gelombang kedua pada 8, 9, 10, 16 Mei 2017. Kepala Dinas Dikpora Kulonprogo, Sumarsana mengimbau sekolah mematangkan persiapan dengan membiasakan peserta ujian latihan mengerjakan soal dengan sistem computer based test (CBT).

Sumarsana menambahkan, beberapa sekolah diketahui sudah membiasakan peserta didiknya dengan sistem CBT, misalnya pada ujian semester. Namun, dia pun memahami jika masih banyak yang belum familiar dengan sistem tersebut sehingga perlu memperbanyak latihan ujian. “Kalau ada peserta didik yang punya laptop, bisa diinstalkan aplikasi simulasi UNBK juga untuk latihan di sekolah,” ujar Sumarsana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya