SOLOPOS.COM - Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) mengerjakan soal mata pelajaran Matematika saat mengikuti Ujian Nasional Perbaikan (UNP) 2016 di ruang simulasi digital SMK Negeri 2 Solo, Selasa (30/8/2016). UNP 2016 akan berlangsung hingga Rabu (7/9/2016) dengan mengujikan tujuh mata pelajaran. (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Ujian nasional perbaikan (UNP) 2016 digelar Senin (29/8/2016)-Rabu (7/9/2016).

Solopos.com, SOLO-Dalam pelaksanaan Ujian Nasional Perbaikan (UNP) 2016 digelar Senin (29/8/2016)-Rabu (7/9/2016), diketahui ada beberapa pendaftar yang merupakan peserta UN 2015.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu diakui Panitia Pelaksana UNP 2016 di SMK Negeri (SMKN) 2 Solo, Kasmadi, ketika dimintai konfirmasi Solopos.com melalui ponselnya, Selasa (30/8/2016). Sayangnya, Kasmadi mengaku belum melihat secara rinci jumlah peserta UN 2015 yang sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti UNP kali ini.

“Memang ada beberapa, tapi jumlah pastinya saya belum cek lagi. Jadi selain peserta UN 2016, memang bagi peserta UN 2015 yang masih ingin memperbaiki nilai UN-nya diperbolehkan mengikuti UNP kali ini,” ungkap Kasmadi.

Sebagaimana ketahui, peserta yang berhak mengikuti UNP adalah siswa yang memiliki nilai kurang dari atau sama dengan 55 pada mata pelajaran tertentu. Ini juga berlaku untuk mereka yang belum menempuh UN atau UN Susulan atau belum menempuh UN secara lengkap. Peserta baik yang berasal dari sekolah pelaksana UN berbasis komputer atau computer based test (CBT) maupun dari sekolah pelaksana UN berbasis kertas atau paper based test (PBT), mengikuti UNP dengan sistem CBT.

“Semuanya ikut UNP dengan sistem CBT, termasuk peserta yang dulu sekolahnya melaksanakan UN dengan PBT, juga mengerjakan soal dengan CBT,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, untuk pelaksanaan UNP di Kota Solo kali ini tercatat ada 194 peserta. Kasmadi menjelaskan, ada sedikit perbedaan aturan bagi peserta UNP kali ini dibandingkan dengan UNP yang diadakan Februari 2016 lalu.

“Pada pelaksanaan UNP kali ini, peserta setelah mendaftar secara online melalui website Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), harus melakukan daftar ulang dengan menyerahkan berkas administrasi yang telah ditentukan panitia pusat, antara lain salinan KTP, ijazah dan SKHUN. Sementara pada pelaksanaan UNP sebelumnya, peserta yang ingin mengikuti UNP cukup daftar online dan bisa ikut ujian dengan langsung datang ke lokasi,” terangnya.

Kasmadi menambahkan, pelaksanaan UNP untuk jenjang SMA dan SMK sederajat itu rata-rata digelar dua sesi setiap harinya. Khusus Rabu (31/8/2016), ujian akan digelar tiga sesi karena jumlah peserta paling banyak dibanding hari-hari lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya