SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UN). (JIBI/Antara/Syaiful Arif)

Ujian nasional berbasis komputer di Kota Solo akan diikuti 49 SMA dan SMK

Solopos.com, SOLO--Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo mendata sebanyak 49 sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Solo menyatakan sanggup menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah (Dikmen) Disdikpora Solo, Unggul Sudarmo, saat dimintai konfirmasi, Kamis (13/8/2015), mengatakan pendataan SMA/SMK terkait kesiapan UNBK tersebut menindaklanjuti surat edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Sesuai SE dari Kemendikbud itu, data SMA maupun SMK yang siap melaksanakan UNBK tersebut kami sampaikan melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah karena dijadwalkan akan dilakukan verifikasi terhadap sekolah-sekolah tersebut,” ujarnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis.

Unggul menjelaskan kesanggupan sekolah melaksanakan UNBK tahun depan juga disertai dengan penyediaan sarana dan prasarana penyelenggaraan UNBK. “Sehingga pendataan itu juga mencakup fasilitas yang saat ini sudah dimiliki dan belum tersedia di sekolah terkait. Sebab pelaksanaan UNBK tentunya membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai,” imbuhnya.

Dia menjelaskan kesiapan UNBK tersebut tidak memandang kurikulum yang diterapkan oleh masing-masing sekolah.
“Apakah sekolah menerapkan Kurikulum 2013 atau Kurikulum 2006, tidak melihat ke situ. Sebab pendataan ini hanya untuk melihat kesiapan sekolah-sekolah tersebut untuk UNBK,” terangnya.

Sementara untuk jadwal pelaksanaan UNBK tahun depan, Unggul mengaku belum ada informasi lebih lanjut dari pemerintah pusat. Sehingga pihaknya juga belum bisa menginformasikan kepada sekolah maupun masyarakat.

Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum Bidang Dikmen Disdikpora Solo, Budi Setiyono menambahkan, data 49 SMA dan SMK tersebut telah disampaikan kepada Disdik Provinsi Jawa Tengah. Namun pihaknya menyusulkan data tiga sekolah lain yang belakangan juga menyatakan kesanggupannya untuk menyelenggarakan UNBK. Ketiganya yakni SMK Murni 1, SMK Farmasi, dan SMK Cokroaminoto 2. Sesuai jadwal, verifikasi akan dilakukan tim dari pusat 15 Agustus hingga 15 September.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya