UJIAN NASIONAL 2018 : Sekolah di Klaten Dilarang Kutip Pungutan untuk UNBK

UJIAN NASIONAL 2018 : Sekolah di Klaten Dilarang Kutip Pungutan untuk UNBK

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional yang dilaksanakan dengan sistem computer based test atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Dok.)

Ujian Nasional 2018, Disdik Klaten melarang sekolah mengutip pungutan dari orang tua siswa.

Solopos.com, KLATEN – Sebanyak 87 SMP bakal menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada April 2018 mendatang. Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten mewanti-wanti agar tak ada pungutan ke orang tua siswa guna mendukung UNBK di SMP negeri.

Kasi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan SMP Disdik Klaten, Lasa, mengatakan 87 sekolah itu terdiri dari 65 SMP negeri dan 22 SMP sederejat berstatus swasta. Ia memastikan seluruh SMP negeri di Klaten sudah menggelar UNBK.

“Masih ada 20 SMP swasta yang belum melaksanakan UNBK. Rata-rata karena infrastruktur belum memadahi. Kalau sekolah swasta itu terkendala dari dana BOS yang kecil. Sementara, untuk mengadakan server dan genset itu butuh biaya mahal. Kemungkinan karena itu sehingga sekolah belum bisa melaksanakan UNBK,” kata Lasa saat dihubungi solopos.com, Selasa (6/2/2018).

UNBK bakal digelar pada 22-26 April mendatang. Terkait persiapan menjelang UNBK, Lasa menuturkan segera ada pelatihan proktor atau teknisi serta sosialisasi ke pengawas UNBK. “Secara administrasi ada penyusunan daftar nominasi tetap peserta UNBK,” urai dia.

Lasa menegaskan untuk SMP negeri Disdik sudah mewanti-wanti sekolah tak melakukan pungutan ke orang tua siswa dengan alasan untuk mendukung UNBK.

“Tetapi kan kadang dari komite itu mengumpulkan orang tua kemudian dari sekolah menyampaikan ada kekurangan sehingga dari komite berinisiatif menutup kekurangan itu. Ada juga yang gurunya itu mem-back-up kekurangan pelaksanaan UNBK seperti meminjami laptop. Secara prinsip, dari dinas memang tidak membolehkan ada pungutan khusus mendukung UNBK,” katanya.

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMP Muhammadiyah Program Khusus Ngupit, Supriyadi, mengatakan ada 36 siswa yang mengikuti UNBK April mendatang.

“Ini sudah yang kali kedua menggelar UNBK. Komputer yang disiapkan ada 20 unit. Selama ini tidak ada kendala berarti menggelar UNBK,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Melintas di Solo Saat Lebaran, 481 Kendaraan Diperiksa

Sebanyak 481 kendaraan berpelat luar Kota Solo diperiksa saat hari H Lebaran pada Kamis (13/5/2021).

Ketua LHKP-PWM Jateng Sesalkan Pernyataan Ali Mochtar Ngabalin, Desak Minta Maaf

Pernyataan Ali Muktar Ngabalin, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden terkait Busro Muqodas disesalkan Khafid Sirotudin, Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PW Muhammadiyah Jateng.

Bhabinkamtibmas Catat ada 1.241 Pemudik Tiba Sragen

Kebanyakan pemudik tiba di Sragen sebelum larangan mudik Lebaran diberlakukan.

Wuih! Ada Wahana Baru di Gunung Pegat Sukoharjo Loh

Gunung Pegat Sukoharjo kini dilengkapi sejumlah wahana baru.

Korban Tewas Karena Jebakan Tikus Di Sragen Tembus 17 Orang, Ini Daftarnya!

Korban meninggal dunia akibat tersengat jebakan tikus beraliran listrik terus berjatuhan di Kabupaten Sragen.

H+1 Lebaran, Pengunjung Wisata Air di Klaten Sepi

Disparbudpora Klaten memprediksi puncak kunjungan ke objek wisata air di Kabupaten Bersinar berlangsung, Sabtu (15/5/2021).

Inilah Tanda-Tanda Ban Sepeda Motor Harus Diganti

Rider sepeda motor wajib mengetahui kondisi ban saat berkendara karena ban menjadi salah satu komponen inti yang memberikan jaminan keselamatan.  

Gempa M 7,2 Guncang Nias

Gempa Bumi bermagnitudo (M) 7,2 mengguncang Nias Barat, Sumatra Utara, Jumat (14/5/2021)

Warga Wonogiri Diimbau Silaturahmi Virtual, Tapi Banyak yang Masih Tatap Muka

Tradisi silaturahmi secara tatap muka pada momentum Lebaran tidak bisa sepenuhnya hilang, meski masyarakat sudah diimbau untuk melaksanakannya secara virtual.

Kepolisian Kulonprogo Lakukan Penyetopan Pedagang Daging Anjing

Aksi penyetopan pedagang daging anjing di Kabupaten Kulonprogo ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Kareem Abdul-Jabbar Jadi Nama Penghargaan NBA

NBA memberi kehormatan kepada Kareem Abdul-Jabbar menjadi nama award Kareem Abdul-Jabbar Social Justice Champion.