SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara)

Ujian Nasional 2017 dikabarkan tak ada lagi, namun tak membuat sekolah di Kudus kehilangan kewaspadaan.

Semarangpos.com, KUDUS — Sekolah-sekolah di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng) masih tetap diminta mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional meskipun ada wacana moratorium UN tahun 2017.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Secara resmi kami memang belum menerima surat tentang wacana moratorium UN dari pusat,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Joko Susilo, di Kudus, Senin (28/11/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Karena itu, dia mengimbau, sekolah di Kudus untuk tetap mempersiapkan diri menghadapi UN seperti halnya tahun-tahun sebelumnya. Kalau pun nantinya sudah ada surat resmi tentang moratorium UN, maka Disdikpora Kudus akan mempersiapkan langkah untuk mengukur kemampuan siswa.

Kepala SMPN 2 Kudus Sujarwo mengatakan, informasi tentang moratorium UN tidak mempengaruhi kesiapan sekolah mempersiapkan UN. Bahkan, lanjut dia, sekolah juga mempersiapkan uji coba latihan mengerjakan soal-soal UN tahap pertama berbasis komputer.

“Kemendikbud juga masih memfasilitasi persiapan UN berbasis komputer di sekolah ini,” ujarnya pula.

Hari ini, lanjut dia, ada sinkronisasi atau pengunduhan soal uji coba UNBK dari server pusat Kemendikbud. Menurut Sujarwo, fasilitas untuk persiapan UN masih tersedia dan bisa dijalankan dengan baik.

Sepanjang sekolah belum menerima surat resmi terkait moratorium UNBK, Sujarwo memastikan persiapan UN masih tetap dilaksanakan, mulai dari materi latihan, persiapan mental siswa, serta melengkapi sarana dan prasarana yang diperlukan. “Kami juga menunggu petunjuk dari Disdikpora Kudus. Jika ada kepastian terkait moratorium UN, kami segera mengambil langkah pembatalan atau strategi lain untuk menguji kemampuan siswa,” ujarnya.

Pada tahun pelajaran 2016/2017, peserta UN di SMPN 2 Kudus sebanyak 270 siswa. Persiapan pelaksanaan UN berbasis komputer, SMPN 2 Kudus menyiapkan tiga ruang dengan 90 perangkat komputer, tiga unit server utama dan satu unit server cadangan. Fasilitas jaringan internet juga disiapkan untuk mendukung pelaksanaan UNBK pertama kalinya di daerah ini.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya