SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional yang dilaksanakan dengan sistem computer based test atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Dok.)

Ujian Nasional 2017, dua sekolah di Magetan tak bisa mengadakan UNBK secara mandiri.

Madiunpos.com, MAGETAN – Dua sekolah tingkat SMA sederajat di Kabupaten Magetan tidak dapat menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK) secara mandiri, melainkan bergabung dengan sekolah lain.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dua sekolah tersebut adalah SMA Panca Bakti Magetan dan SMK BPN 2 Magetan. Mereka akan menyelenggarakan UNBK yang digabung dengan salah satu sekolah penyelenggara UNBK tahun 2017,” ujar salah satu panitia sekolah penyelenggara UNBK 2017, Aris Waluyo, kepada wartawan, di Magetan, Jumat (24/2/2017).

Untuk diketahui, UNBK tahun 2017 untuk sekolah tingkat SMA dan SMK sederajat menurut rencana digelar pada bulan April mendatang.

Menurut Aris Waluyo, dua sekolah tersebut tak dapat menggelar UNBK secara mandiri bagi para muridnya karena terkendala dengan peralatan komputer yang terbatas.

“Sehingga untuk kelancaran pelaksanaan UNBK bagi para siswa di dua sekolah tersebut digabung dengan sekolah penyelenggara yang lebih lengkap dan memadai untuk menggelar UNBK,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Wakil Kepala SMA Negeri 2 Magetan.

Dinas Pendidikan Magetan mencatat total sekolah penyelenggara UNBK tingkat SMA, baik negeri maupun swasta di wilayah setempat mencapai 12 lembaga. Sedangkan untuk sekolah penyelenggara UNBK tingkat SMK, baik negeri maupun swasta di Magetan mencapai sebanyak 33 penyelenggara.

Aris menambahkan, untuk persiapan pelaksanaan UNBK, pihaknya telah menggelar simulasi UNBK bagi para siswa di sejumlah sekolah penyelenggara, temasuk di antaranya di SMA Negeri 2 Magetan.

“Simulasi UNBK dilakukan selama empat hari. Masing-masing sekolah SMA dan SMK mendapat jatah simulasi dua hari untuk latihan kelancaran UNBK,” tutur dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya