SOLOPOS.COM - Ilustrasi kesiapan fasilitas komputer yang akan digunakan untuk Ujian Nasional (UN) secara online. (JIBI/Harian Jogja/Rima Sekarani I.N.)

Ujian Nasional 2016 dipersiapkan dengan simulasi untuk pelaksanaan UNBK.

Solopos.com, SOLO – Simulasi penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016 di Kota Solo selama tiga pekan terakhir ini juga dilangsungkan di jenjang SMP.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Bambang Wahyono, mengemukakan, simulasi UNBK dijadwalkan hingga akhir Februari ini.

Ekspedisi Mudik 2024

“Untuk masing-masing sekolah berbeda jadwalnya. Sejauh ini, di sekolah-sekolah yang sudah menyelenggarakan, simulasi tersebut secara umum berjalan lancar,” ungkap Bambang, melalui sambungan telepon, Jumat (26/2/2016).

Bambang menuturkan simulasi antara lain dilakukan dengan mengondisikan suasana ruang ujian layaknya saat UN berlangsung. Selain sinkronisasi server sekolah dengan server pusat, pengunduhan soal-soal UN, hingga pemadaman listrik di sekolah saat ujian berlangsung.

Dia mengakui, terkait sarana dan prasarana UNBK, berbeda untuk setiap sekolah. Menurutnya, ada sekolah yang sudah benar-benar lengkap ketersediaan sarana dan prasarananya.

Namun ada pula yang melengkapi sarana dan prasarana tersebut dengan meminjam atau juga pengadaan oleh sekolah terkait. Namun menurutnya hal itu tidak masalah.

Terpisah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMP Negeri (SMPN) 12 Solo, Liestyani Dhamayanti, mengatakan, simulasi UNBK dilangsungkan di sekolah tersebut, Senin-Kamis (22-25/2/2016).

“Hari pertama dengan jadwal Bahasa Indonesia, karena listrik tidak stabil, sempat ada beberapa komputer mati. Namun masalah tersebut teratasi dengan laptop cadangan. Sementara hari kedua, Matematika, pada beberapa siswa alokasi waktu di sistem kurang dari 120 menit,” terang Liestyani.

Secara umum, lanjutnya, simulasi UNBK di SMPN 12 berlangsung lancar dan baik. Namun sayangnya, ungkap dia, untuk soal yang diujikan saat simulasi UNBK tersebut masih menggunakan materi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Sementara di SMPN 12 sudah menerapkan Kurikulum 2013 (K13).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya