SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dok.)

Ujian Nasional 2016 untuk SMA akan dilaksanakan April mendatang.

Madiunpos.com, KEDIRI – Hasil uji coba atau try out untuk Ujian Nasional (UN) 2016, terutama tingkat sekolah menengah atas (SMA) di Kota Kediri, dinilai masih kurang maksimal.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Hasil try out masih belum maksimal sekitar 50 persen. Namun, ini masih latihan dan masih ada satu kali latihan lagi,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Siswanto di Kediri, Jumat (25/3/2016).

Ia mengaku sudah meminta sekolah ikut memberikan motivasi kepadapara murid agar dalam mengerjakan latihan UN bisa lebih maksimal. Ia berharap, nantinya hasil itu bisa naik 70 persen dan naik lagi.

Siswanto menduga motivasi para siswa untuk belajar berkurang. Pemerintah membuat kebijakan, bahwa UN bukanlah penentu kelulusan anak-anak. Namun, ia tetap mengingatkan hasil UN sangat penting untuk masa depan mereka.

“UN sekarang bukan patokan lulusan, jadi motivasi berkurang. Padahal, hasil UN juga juga bisa untuk masuk ke sekolah lebih tinggi termasuk ke perguruan tinggi,” jelas dia.

Terkait dengan perlengkapan untuk ujian, ia mengatakan sudah melakukan koordinasi dengan guru. Terlebih lagi, saat ini ujian dilakukan dengan komputer, sehingga persiapan harus dilakukan lagi dengan lebih maksimal.

Untuk ujian, Siswanto mengatakan mayoritas sekolah di Kota Kediri sudah memanfaatkan komputer untuk ujian. Untuk SMAN terdapat delapan sekolah, SMK negeri dan swasta sebanyak 21 lembaga, sementara untuk SMP terdapat delapan sekolah.

“Semua SMA negeri sudah semua, untuk yang swasta hampir semua. Walaupun sudah menguasai TIK [teknologi informasi komputer], terkadang saat ujian menjadi grogi,” ujar dia.

Ia juga sudah berkoordinasi dengan PLN terkait dengan aliran listrik, terutama saat pelaksanaan UN. Ia berharap, tidak ada pemadaman listrik, sehingga anak-anak bisa mengerjakan ujian dengan maksimal. Namun, ia juga sudah meminta sekolah membuat persiapan, salah satunya dengan mesin genset.

Kegiatan UN untuk tingkat SMA/MA SMK/MAK akan berlangsung 4-7 April 2016 dan setelahnya akan berlangsung ujian tingkat SMP dan sekolah dasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya