SOLOPOS.COM - Ilustrasi ujian nasional paket kesetaraan (JIBI/Dok)

Ujian nasional 2015 telah rampung namun Disdikpora Solo belum bisa memastikan kapan SHUN diterbitkan.

Solopos.com, SOLO – Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Solo belum bisa memastikan kapan terbitnya Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN) oleh pemerintah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun jika dalam masa dibukanya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2015 SHUN untuk para peserta Ujian Nasional (UN) tersebut belum turun, para lulusan bisa menggunakan surat keterangan lulus sementara yang dikeluarkan sekolah asal.

Ekspedisi Mudik 2024

Hal itu dikemukakan Sekretaris Disdikpora Solo, Aryo Widyandoko, ketika dimintai informasi seputar terbitnya SHUN bagi para peserta UN tahun ini.

“Sampai hari ini belum ada informasi seputar SHUN, baik dari pusat ataupun dari provinsi [Pemerintah Provinsi Jawa Tengah]. Kami juga masih menunggu. Kalaupun nanti pada masa PPDB ternyata SHUN belum diterbitkan, lulusan bisa menggunakan surat keterangan lulus sementara yang dikeluarkan sekolah asal,” ujar Aryo di ruang kerjanya, Jumat (29/5/2015).

Berdasarkan Prosedur Operasional Standar (POS) UN 2015, dalam POS UN tersebut dijelaskan peserta UN nantinya memperoleh SHUN.

Hal ini berbeda dengan tahun-tahun yang lalu, jika tahun yang lalu peserta UN memperoleh Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dan mencantumkan kelulusan, maka tahun ini surat keterangan tersebut dalam bentuk sertifikat yang berisi nilai UN serta tingkat capaian kompetensi lulusan.

Terkait rencana pelaksanaan PPDB, Aryo menyatakan Panitia PPDB 2015 Kota Solo telah menyusun petunjuk teknis (Juknis) PPDB. Setelah melalui rapat koordinasi terakhir Kamis (28/5/2015) sore, Juknis tersebut rencananya diajukan ke Wali Kota Solo, Senin (1/6/2015).

Meskipun secara umum mekanisme pelaksanaan PPDB tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, Aryo mengatakan ada beberapa perubahan, di antaranya terkait kuota untuk siswa dari keluarga miskin (gakin), siswa berprestasi di bidang olahraga, serta sedikit perubahan teknis pada juknis PPDB.

“Penyusunan juknis ini kami sampaikan dulu kepada Wali Kota untuk persetujuan,” terang Aryo, selaku ketua panitia PPDB.

Sementara itu, Sekretaris Panitia PPDB 2015 Kota Solo, Budi Setiono, menyampaikan pernyataan senada. Secara umum, mekanisme PPDB kali ini, termasuk PPDB online, tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Untuk informasi PPDB online, peserta nantinya bisa mengakses alamat website yang telah ditentukan, yaitu www.ppdbsolo.net,” kata Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya