SOLOPOS.COM - ilustrasi UKG (JIBI/dok)

Ujian kompetensi guru di Kulonprogo pada pekan pertama berjalan lancar

Harianjogja.com, KULONPROGO-Ujian Kompetensi Guru (UKG) di Kulonprogo memasuki pekan kedua, Senin (16/11/2015).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Kulonprogo belum menerima laporan maupun keluhan mengenai pelaksanaan program nasional tersebut.

Kepala Dindik Kulonprogo, Sumarsana mengaku telah meninjau ke sejumlah sekolah yang ditunjuk sebagai Tempat Ujian Kompetensi (TUK). Menurutnya, UKG pada pekan pertama kemarin relatif berjalan lancar.

Belum ditemukan permasalahan teknis mengenai fasilitas ujian, seperti kondisi perangkat komputer serta koneksi internet. Dia berharap, keadaan itu bisa berlanjut hingga hari terakhir ujian pada 24 November mendatang.

Tahun ini, UKG di Kulonprogo digelar sejak 9-24 November secara online meski masih banyak sekolah yang kesulitan akses internet. Pemerintah pusat sebenarnya masih mengizinkan UKG offline. Meski begitu, Pemkab Kulonprogo tetap bertekad melaksanakannya secara online.

Sembilan sekolah kemudian ditunjuk sebagai TUK karena dinilai memiliki fasilitas paling mumpuni. Semuanya telah menjalani verifikasi dan dinyatakan memenuhi standar penyelenggeraan UKG online.

Bagaimana pun, Sumarsana berharap tidak terjadi permasalahan teknis yang bisa mengacaukan konsentrasi peserta UKG. “Sejauh ini semuanya lancar, termasuk akses internetnya,” kata Sumarsana.

Peserta  UKG di Kulonprogo mencapai 5.921 orang guru sekolah negeri maupun swasta. Ada tiga angkatan peserta ujian di masing-masing TUK setiap hari. Mereka diwajibkan datang maksimal 30 menit sebelum ujian dimulai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya