SOLOPOS.COM - Uji Kompetensi PTK bagi pada calon kepala sekolah, Selasa (3/2/2015). (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Ujian kompetensi guru, Disdikpora Solo memastikan hasil UKG tak pengaruhi tunjangan sertifikasi.

Solopos.com, SOLO–Hasil pelaksanaan Ujian Kompetensi Guru (UKG) tahun ini dipastikan tidak akan berpengaruh terhadap tunjangan sertifikasi guru. Jajaran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo menyatakan kesiapan pelaksanaan UKG tersebut, baik dari guru maupun tempat ujian kompetensinya (TUK).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebagaimana arahan dari pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kepala Disdikpora Solo, Etty Retnowati, mengatakan, berdasarkan petunjuk pemerintah pusat, tidak ada standar tertentu dalam UKG tersebut. Sebab menurutnya, dilaksanakannya UKG ibarat general check up bagi para guru, yakni untuk mengetahui kompetensi guru, sehingga tidak ada pula standar kelulusan dan UKG tidak terkait dengan pemberian tunjangan profesi.

“SampaI sejauh ini Pak Dirjen [Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Ditjen GTK Kemendikbud] mengatakan [UKG] tidak ada hubungannya dengan tunjangan profesi. Penyelenggaraan UKG ini untuk pemetaan dalam rangka melihat potensi dan kelemahan guru. Jika hasilnya ternyata kurang, nantinya bisa direncanakan program dalam upaya peningkatan kompetensi masing-masing guru tersebut,” ujarnya ketika ditemui wartawan di kantornya, Jumat (30/10/2015).

Sesuai jadwal dari pemerintah pusat, UKG di Solo akan dilaksanakan 18-27 November 2015 ini. Disdikpora telah menyiapkan 15 laboratorium komputer di 12 sekolah sebagai TUK untuk sekitar 10.900 guru di Solo.

Sebanyak 12 sekolah tersebut, yakni SMAN 1, SMAN 3, SMAN 4, SMKN 1, SMKN 2, SMKN 4, SMKN 5, SMKN 6, SMPN 1, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 8, dan SMPN 12. Khusus SMKN 2 dan SMKN 5, masing-masing menyediakan dua laboratorium komputer.

Etty menginformasikan pada pelaksanaan UKG 2014, guru dari SMKN 5 Solo, Rudi Wiyono, menjadi guru terbaik tingkat nasional dalam UKG dengan nilai 92,5. Atas prestasi tersebut, Rudi Wiyono akan mendapat penghargaan dengan mengunjungi Belanda. Etty berharap tahun ini Solo juga bisa mengukir prestasi serupa dalam UKG kali ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya