SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Ujian Nasional JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 1.442 siswa program persamaan-kesetaraan SMA/SMK (Paket C) akan mengikuti Ujian Nasional Program Paket (UNPK) tahun ini. Sekretaris UAN DIY Dwi Agus Mugiharto mengatakan, jumlah peserta UNPK di DIY sebanyak 1.442 orang.

Sementara, pelaksanaan UAN bagi peserta Paket C maupun Paket C Kejuruan diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing kabupaten dan kota. “Soal UNPK baik Paket C maupun Paket C Kejuruan berbeda dengan soal-soal bagi SMA dan SMK. Seluruh soal akan kami berikan kelima pokja pada Sabtu (12/4),” ungkap Agus, Jumat (11/4/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ujian bagi siswa UNPK sendiri akan dilaksanakan mulai Senin (14/4/2014) hingga Rabu (16/4/2014). Sedangkan ujian untuk peserta Paket C kejuruan hanya dilaksanakan dua hari, Senin (14/4/2014) dan Selasa (15/4/2014).

Meski soal yang diberikan berbeda, demi menjamin kredibilitas hasil UAN maka proses pengawasan ruang ujian bagi peserta UNPK tidak dibedakan dengan SMA/MA/SMK maupun SMALB. Jumlah pengawas pada satuan pendidikan tersebut, termasuk UNPK, juga berasal dari perguruan tinggi. Rinciannya, jumlah ruang UAN antara satu hingga empat kelas akan diawasi oleh satu orang.

Sementara, untuk jumlah ruang antara lima hingga 10 ruang akan diawasi oleh dua orang pengawas dari perguruan tinggi (PT). “Total terdapat 702 pengawas dari perguruan tinggi. Adapun jumlah guru yang ada dalam ruangan masing-masing dua orang,” katanya.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Jogja Suhartati mengatakan, peserta UNPK di wilayah Jogja tahun ini diikuti 459 peserta. “Kami menempatkan lokasi ujian di SMPN 15 Jogja,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya