Ilustrasi computer assisted test (CAT) CPNS. (Solopos-M. Ferri Setiawan)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Pemkab Sukoharjo akhir memperoleh kepastian soal jumlah lowongan dan pembagian formasi perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Begitu juga dengan lokasi ujiannya.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya telah menandatangani surat pengumuman CPNS atau calon aparatur sipil negara (CASN) Nomor 810/5226/ 2019 tentang Pengadaan CASN Tahun 2019.

Dalam surat tersebut Pemkab Sukoharjo membuka 424 lowongan yang terbagi menjadi tiga formasi yakni tenaga guru 159 lowongan, tenaga kesehatan 149 lowongan, dan tenaga teknis lainnya 116 lowongan.

Viral Foto Guru Ngajar Pakai Helm Full Face di SMPN 3 Bayat Klaten Akibat Plafon Rusak

Sedangkan lokasi ujian CPNS Sukoharjo akan dilaksanakan di Gedung Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS), Kampung Dadapan, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar.

Kepala Bidang (Kabid) Mutasi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sukoharjo, Ahmad Fajar Romdhoni, mengatakan pengumuman pendaftaran CPNS bisa diakses melalui laman resmi BKN yakni www.sscasn.bkn.go.id.

Selain itu diumumkan pula lewat website Pemkab Sukoharjo www.sukoharjokab.go.id. "Pelamar bisa melakukan registrasi online melalui laman sscasn.bkn.go.id dengan menyiapkan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi," kata dia saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (12/11/2019).

Terlindas Truk, Mahasiswi Stikes Muhammadiyah Klaten Meninggal

Kelengkapan administrasi itu harus dipenuhi agar proses pendaftaran dan mengikuti seleksi CPNS bisa berjalan lancar. Setelah registrasi online pelamar diminta mengunggah dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan CPNS 2019.

Persyaratan tersebut tidak berbeda jauh dengan persyaratan pendaftaran CPNS pada 2018. Para pelamar diminta aktif memantau laman pemkab Sukoharjo melalui website www.sukoharjokab.go.id ataupun sscasn.bkn.go.id.

"Pendaftaran dibuka mulai hari ini [Selasa] sampai 24 November," katanya.

Berdasarkan koordinasi terakhir, dia mengatakan lima kabupaten meliputi Sukoharjo, Wonogiri, Klaten, Boyolali dan Sragen menyepakati lokasi tes CPNS di gedung LPPKS Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.

Pilkada Solo: Rudy Sebut DPP PDIP Langgar Aturan Jika Rekomendasikan Gibran

Pemilihan lokasi tes itu mempertimbangkan kapasitas, sarana dan prasarana gedung seperti toilet, parkir hingga tempat penyimpanan barang bawaan para peserta ujian CPNS.

"Lima daerah sudah sepakat dilaksanakan di LPPKS Gondangrejo, Karanganyar. Kalau untuk Karanganyar sendiri belum tahu, termasuk Solo," katanya.

Gedung LPPKS Gondangrejo yang dibangun di lahan seluas 7,1 hektare dilengkapi sejumlah fasilitas seperti gedung pertemuan, masjid, guest house, dan koperasi. Guest house bisa digunakan sebagai penginapan panitia selama pelaksanaan ujian CPNS.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa mengatakan kuota penerimaan CPNS 2019 sama dengan permohonan pengajuan Pemkab Sukoharjo ke Kemenpan RB.

Jangan Percaya Broadcast! Pemkab Boyolali Belum Tentukan Perincian Formasi CPNS

Hal itu sesuai hasil koordinasi terakhir dengan Kantor Regional I Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Yogyakarta belum lama ini. Dari sisi anggaran, Agus mengatakan Pemkab mulai menyiapkan anggaran dan infrastruktur tes seleksi CPNS.

Seperti sebelumnya, tes seleksi CPNS tahun ini juga menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) elektronik sehingga terpantau dengan sistem komputerisasi.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten