SOLOPOS.COM - Uji tabrak Toyota Camry 2016. (Iihs.org)

Uji tabrak mobil di Amerika Serikat mencatatkan mobil-mobil merek Jepang dengan hasil terbaik.

Solopos.com, KALIFORNIA – Lembaga uji tabrak mobil Amerika Serikat, Insurance Institute of Higway Safety (IIHS) telah menguji sederet mobil baru yang akan meluncur 2016 mendatang. Hasilnya, mobil-mobil Jepang dinyatakan paling aman.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Sama ketatnya seperti uji tabrak mobil di Eropa, di AS mobil yang dipasarkan wajib memiliki skor empat hingga lima bintang. Tetapi skor itu saja belum cukup untuk IIHS memberi predikat lulus.

Seperti dilansir laman Autoblog, Jumat (11/12/2015), IIHS mewajibkan mobil-mobil model 2016 yang dipasarkan di AS dibekali fitur pencegahan benturan depan. Selain itu mobil juga harus mampu mengerem atau menurunkan kecepatan ke 20 km/jam secara otomatis sebelum terjadi benturan.

Dari 48 mobil yang diuji tabrak, tercatat mobil-mobil merek Jepang mencatatkan hasil terbaik. Selanjutnya disusul oleh mobil Jerman, mobil merek Korea Selatan, baru kemudian mobil lokal AS.

Toyota menduduki peringkat pertama dengan sembilan mobil yang dinyatakan aman dan masuk kategori Top Safety Pick 2016. Salah satu yang dinyatakan aman adalah sedan Toyota Camry.

Peringkat selanjutnya diisi oleh Honda dengan delapan mobil dan disusul oleh Volkswagen (VW) dengan tujuh mobil. Peringkat keempat dan kelima masing-masing diisi oleh Subaru dan Hyundai. Peringkat selanjutnya dihuni oleh Fiat dan Ford.

Tetapi perlu diketahui, syarat untuk memperoleh skor bintang lima dalam uji tabrak di AS tahun ini juga baru saja ditingkatkan. Dikutip dari laman Automotifnews, Kementerian Transportasi AS mewajibkan badan uji tabrak memasang boneka mirip manusia di jok paling belakang.

”Aturan yang makin ketat ini memaksa produsen menciptakan mobil dengan banyak fitur keselamatan. Hal ini tentu makin baik dan konsumen yang ingin membeli mobil merasa lebih tenang,” ungkap Menteri Transportasi AS, Anthony Foxx.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya