SOLOPOS.COM - Wartawan yang bertugas di Jateng-DIY tengah mengikuti proses Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar PWI Solo di Gedung Monumen Pers, Solo, Jumat-Sabtu (11-12/3/2016). (Istimewa)

Uji kompetensi wartawan (UKW) digelar PWI guna mengetahui standardisasi wartawan di Indonesia.

Solopos.com, SOLO – Sebanyak 38 wartawan yang bertugas di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dinyatakan lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Ke-38 wartawan ini mengikuti UKW yang diselenggarakan oleh PWI Kota Solo di Gedung Monumen Pers, Kota Solo, Jumat-Sabtu (11-12/3/2016).

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat, Sasongko Tedjo, memberikan apresiasi atas lolosnya seluruh peserta UKW di Solo ini. Ia mengaku kelulusan 100% dalam UKW yang diujikan PWI Pusat itu terbilang cukup jarang.

“Tak banyak daerah yang bisa meloloskan peserta UKW mencapai 100%. Rata-rata tingkat ketidaklulusan UKW itu sekitar 9-10%. Tapi, di sini bisa 100%. Berarti ini  luar biasa,” ujar Sasongko menanggapi hasil UKW yang diumumkan oleh salah satu anggota penguji dari PWI Pusat, Sayid Iskandarsyah, Sabtu.

Ke-38 wartawan yang mayoritas bertugas di wilayah Soloraya ini mengikuti UKW dalam dua kelompok, yakni madya dan muda. Untuk kelompok madya, UKW diikuti sebanyak 14 peserta, sementara sisanya menjalani ujian pada jenjang muda.

Jenjang madya dikhususkan untuk wartawan setingkat redaktur, sementara muda diperuntukkan bagi wartawan atau reporter. Untuk kelompok madya dituntut mampu membuat perencanaan liputan, baik yang rutin maupun yang berbentuk feature dan investigasi.

Sementara, bagi kelompok muda atau pemula harus mampu melakukan peliputan yang tepat sesuai dengan standar Dewan Pers.

Sekretaris PWI Solo, Amir Tohari, menjelaskan bahwa UKW ini merupakan ujian yang digelar PWI untuk menentukan kompetensi seorang wartawan. Ia pun berharap hasil UKW ini bisa memacu kinerja para wartawan agar bisa lebih baik ke depan.

“Semoga hasil ini bisa menjadi pemicu kinerja kita semua agar lebih baik dan menginspirasi masyarakat dengan berita-berita kita,” ujar Amir dalam pidatonya saat acara penutupan UKW. (Imam Yuda Saputra/JIBI/Solopos.com)

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya