SOLOPOS.COM - ilustrasi UKG (JIBI/dok)

Uji Kompetensi Guru, pelaksanaan UKG di Solo diklaim tak mengganggu proses belajar mengajar.

Solopos.com, SOLO--Pelaksanaan Ujian Kompetensi Guru (UKG) di Kota Solo diklaim tidak mengganggu berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah-sekolah. Hingga hari keempat digelar di Kota Bengawan, UKG berlangsung lancar.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Aryo Widyandoko, mengatakan menyusul pelaksaaan UKG tersebut, sebelumnya pihaknya sudah meminta agar masing-masing sekolah berkoordinasi terkait pengaturan jadwal mengajar bagi guru yang mengikuti UKG sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Dengan begitu, KBM di sekolah tidak sampai terganggu.

Ekspedisi Mudik 2024

“Yang pasti sudah diatur sekolah masing-masing. Tentunya juga sudah dikoordinasikan kepala sekolah dan guru terkait,” ujarnya saat diwawancarai wartawan, Rabu (18/11/2015).

Dihubungi terpisah, Kepala SMAN 1 Solo, Harminingsih, menjelaskan keikutsertaan guru dalam UKG tidak sampai mengganggu KBM di sekolah tersebut. Terlebih karena setiap guru hanya mengikuti satu sesi UKG dalam satu hari yang memakan waktu sekitar tiga jam.

“Jadi guru tetap mengajar, baik sebelum atau setelah mengikuti UKG. Kalau guru dapat jadwal UKG pagi, setelah ujian kembali ke sekolah untuk mengajar. Kalau dapat jadwal UKG siang atau sore, ya guru mengajar dulu baru ikut UKG,” terangnya.

Selain itu, dia mengatakan di sekolah juga ada guru piket yang bisa membantu saat KBM berlangsung dan juga mahasiswa yang sedang melaksanakan PPL di sekolah.

“Jadi kalau kebetulan guru dapat jadwal yang pas dengan jam mengajar, dibantu guru piket atau mahasiswa PPL, sehingga siswa tetap mendapatkan haknya untuk mendapatkan jam pelajaran,” imbuhnya.

Sejauh ini, dia menyatakan pelaksanaan UKG di SMAN 1 Solo sebagai salah satu sekolah yang ditunjuk sebagai tempat uji kompetensi (TUK), berjalan lancar.

“Sampai hari ini berjalan lancar, komputer dan bandwith tidak ada masalah, aliran listrik lancar,” papar dia.

Senada disampaikan Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMAN 4 Solo, Suyono. Menurutnya, KBM tetap bisa berjalan meskipun para guru mengikuti UKG.

“Kalau saya mengajar dulu sebelum UKG, kemudian kembali ke sekolah untuk mengajar setelah UKG selesai, atau siswa diberi tugas setelah materi pengantar pelajaran diberikan sebelumnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya