SOLOPOS.COM - Kadisdik Wonogiri, H Siswanto (Trianto Hery Suryono/JIBI/SOLOPOS)

Kadisdik Wonogiri, H Siswanto (Trianto Hery Suryono/JIBI/SOLOPOS)

WONOGIRI- Sebanyak 58 guru dari berbagai tingkatan di Wonogiri tak lolos tes uji kompetensi awal (UKA) yang dilakukan 25 Februari tahun ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka yang tak lolos UKA akan diprioritaskan menjadi peserta pada tahun depan. Pernyataan itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri, H Siswanto saat ditemui solopos.com di ruang kerjanya, Jumat (30/3/2012).

Mayoritas guru yang tak lolos didominasi oleh guru sekolah dasar (SD). Salah satu faktor ketidaklolosan mereka di antaranya karena faktor usia yang sudah tua.

Sementara 858 guru berhak mengikuti PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru) yang jadwalnya masih menunggu pemberitahuan dari LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan).

“Bagi yang tak lolos UKA tahun ini akan ada pembinaan dari disdik, akan diberi pembekalan lagi agar lolos dan 2013 akan diprioritaskan mengikuti UKA,” ujarnya.

Selain faktor usia, faktor lainnya, Lanjut Siswanto,  adalah kekurangcermatan peserta dalam melingkari jawaban soal. Menurutnya, hasil analisa tim penilai UKA pusat terungkap rata-rata nilai kelolosan peserta UKA sekitar 42%. Artinya, dari 100 soal hanya 42 soal yang benar.

“Yang jeblok justru pengawas karena dari 100 soal hanya dua nomer yang benar. Kondisi itu berbalik dengan kemampuan guru TK. Menurut analisa tim pemerintah pusat guru TK lolos 100% atau semua soal dijawab dengan benar. Kami meyakini analisa itu. Guru berusia muda memiliki prosentase besar untuk lolos karena masih fresh.”

Sementara itu, salah seorang peserta UKA, Yono mengaku kesulitan mengakses pengumuman yang dikabarkan di-upload di internet. Terkait keluhan itu, Koordinator UKA Disdik Wonogiri, Tunggal Widodo menyatakan, disdik telah menempel hasil UKA di papan pengumuman.

“Silakan melihat papan pengumuman di Kantor UPT Disdik di masing-masing kecamatan atau di Kantor Disdik Wonogiri. Hasil pengumuman secara manual sudah ditempel. Untuk hasil yang harus diakses melalui internet memang ada trouble.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya