SOLOPOS.COM - Waspadai sejumlah titik lengah anak tertular Corona saat sekolah dibuka (Freepik)

Solopos.com, WONOGIRI -- Uji coba Pembelajaran Tatap Muka atau PTM tahap empat di Wonogiri akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru yang dimulai Juli 2021 mendatang.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri, Gino, mengatakan jadwal masuk tahun ajaran baru yakni 12 Juli 2021.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Ini kan semua SD dan SMP telah melakukan ujian kenaikan kelas atau penilaian akhir semester genap. Ini libur semua kegiatan anak di sekolah. Maka masuk lagi atau uji coba PTM saat tahun ajaran baru," kata dia saat dihubungi Solopos.com, Minggu (13/6/2021).

Baca juga: Asyik, Wisata Kuliner Pasar Doplang Wonogiri Mulai Buka

Namun demikian, Gino belum bisa memastikan apakah seluruh SD dan SMP di Wonogiri bisa menyelenggarakan PTM pada tahun ajaran baru. Sebab hal itu tergantung pada kesiapan sekolah dan vaksin terhadap tenaga pendidik serta karyawan sekolah.

"Ini baru proses pengusulan sekolah yang akan menggelar PTM pada tahun ajaran baru. Namun yang harus diperhatikan adalah kesiapan sekolah dan vaksinasi sesuai dengan surat keputusan bersama [SKB] empat menteri," ungkap dia.

Sementara itu, terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB) SD dan SMP, beberapa waktu lalu Gino mengatakan mekanisme dan persyaratannya tengah diusulkan ke Bupati Wonogiri.

Baca juga: Muncul Klaster Perkantoran di Wonogiri, Ini Instruksi Bupati Jekek

Pada bagian lain, Kepala SMPN 1 Wonogiri, Sri Nuryati, mengatakan saat ini di sekolahnya baru saja menyelesaikan penilaian akhir semester genap. Para guru sedang mengolah nilai siswa. Pembagian rapor kepada siswa akan dilakukan pada 18-19 Juni 2021.

"Setelah penerimaan rapor itu nantinya jadwal siswa libur selama dua pekan. Setelah itu pada 12 Juli 2021 masuk tahun ajaran baru. PTM akan mulai pada saat itu juga," kata dia saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Instruksi Satgas Covid-19

Pada tahun ajaran baru, Sri Nuryati belum bisa memastikan apakah seluruh siswa sudah diperbolehkan masuk semua atau masih sebagian seperti saat uji coba.

Baca juga: Jalur Lori Hingga Makam, Ini Jejak Peninggalan Perusahaan Penghasil Serat Terbesar Hindia Belanda Di Wonogiri

Pihaknya masih menunggu instruksi dari Dinas Pendidikan dan Satgas Covid-19 Wonogiri. Sebab, segala proses pembelajaran dipandu oleh prosedur yang telah ditetapkan Dinas dan Satgas.

"Untuk PPDB belum ada. Secara umum sudah dipersiapkan. Namun untuk kuota dan mekanisme lain masih menunggu arahan dari Dinas Pendidikan Wonogiri," kata Sri Nuryati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya