SOLOPOS.COM - Siswa menjalani uji coba PTM di SMAN 1 Wonogiri dengan menerapkan protokol kesehatan, Senin (5/4/2021). (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com,WONOGIRI -- Uji coba pembelajaran tatap muka atau PTM SMAN 1 Wonogiri akhirnya ditunda setelah salah satu siswa terkonfirmasi positif Covid-19. Penundaan itu dinilai sudah sesuai dengan standard operating procedure atau SOP.

Seluruh siswa sekolah tersebut kembali mengikuti pembelajaran jarak jauh atau PJJ. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Jawa Tengah, Suratno, mengatakan telah melaporkan kondisi SMAN 1 Wonogiri itu ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Sesuai dengan SOP, jika ditemukan kasus terkonfirmasi positif Covid-19, uji coba PTM harus dihentikan. "Adanya siswa yang terpapar Covid-19 ini di luar kendali kami. Karena sejak sebelum uji coba digelar anak dan orang tua sebenarnya telah siap untuk menyukseskan uji coba PTM," katanya saat dihubungi, Selasa (6/4/2021).

Baca Juga: 1 Siswa SMAN 1 Wonogiri Positif Tes Cepat Antigen, PTM Disetop?

Ekspedisi Mudik 2024

Meski tidak menjalankan uji coba PTM, menurutnya, siswa SMAN 1 Wonogiri tetap mendapatkan pelayanan pendidikan melalui PJJ. Pada sisi lain, meski sekolah melakukan uji coba PTM, PJJ tetap berlangsung. Siswa yang tidak ikut uji coba PTM tetap melakukan PJJ.

"Yang ikut uji coba dapat materinya tidak banyak. Contohnya siswa SMAN 1 Karanganyar mengikuti uji coba PTM pada pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB. Setelah pulang mereka mengikuti PJJ," ungkapnya.

Meski uji coba tatap muka SMAN 1 Wonogiri ditunda, Suratno mengatakan uji coba di SMKN 1 Wonogiri dan MAN Wonogiri tetap berjalan seperti hari pertama.

Baca Juga: Siswa SMAN 1 Wonogiri Positif Tes Cepat Antigen Sempat Nyinom Di Acara Hajatan

Vaksinasi Guru

Guru dan karyawan sekolah-sekolah itu telah menjalani vaksinasi Covid-19 tahap pertama dan seluruh siswa yang ikut menjalani uji coba PTM telah menjalani rapid tes antigen dengan hasil negatif.

"Saat sekolah sudah siap, praktiknya tetap harus menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan sangat ketat. Saya sudah minta setiap sekolah mendengungkan imbauan dan ajakan menerapkan protokol kesehatan selama uji coba melalui sound system, atau audio sekolah" kata Suratno.

Menurut Suratno, pelaksanaan uji coba PTM SMKN 1 Wonogiri dan MAN Wonogiri secara umum berjalan dengan baik. Tidak ada kendala selama uji coba.

Baca Juga: Cuma Siswa SMA Sederajat yang Jalani Tes Cepat Antigen Saat PTM di Wonogiri, Ini Alasannya

Sementara itu, persiapan untuk uji coba PTM SMAN 1 Wonogiri pada dasarnya sudah sangat matang. Namun karena kejadian di luar kendali sekolah harus ditunda.

"Cepatnya deteksi di SMAN 1 Wonogiri menjadi acuan para pemangku kepentingan untuk mengambil kebijakan sesuai SOP. Sampai kapan penundaan uji coba SMAN 1 Wonogiri, kami belum bisa memberi kepastian," kata Suratno.

Sebelumnya, satu siswa SMAN 1 Wonogiri menunjukkan hasil positif saat dites cepat antigen sebelum mengikuti uji coba tatap muka, Senin (5/4/2021). Sepekan sebelumnya, siswa bersangkutan diketahui sempat nyinom di acara hajatan di kampungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya