SOLOPOS.COM - Laga Brasil vs Meksiko pada saat Piala Dunia 2014 silam. Ist/espn.com

Uji coba Brasil vs Meksiko akan digelar Senin pekan depan menjelang turnamen Copa America.

Solopos.com, SAO PAULO— Trauma kegagalan Piala Dunia 2014 masih membayangi Brasil saat merka hendak berangkat ke Copa America 2015. Sebagai tuan rumah, Brasil dibantai 1-7 oleh Jerman pada babak semifinal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kekalahan itu bahkan disebut-sebut menjadi salah satu tragedi paling memalukan dalam sejarah sepak bola Negeri Samba. Selain itu, mereka juga dipecundngai 0-3 Belanda pada perebutan tempat ketiga.

Namun, Selecao berusaha sekuat tenaga agar peristiwa getir di Piala Dunia 2014 tidak terus membayangi  langkah David Luiz dkk. sebelum turun pada Copa America di Chile, yang dimulai Jumat (12/6/2016) mendatang.

Hal itu dibuktikan dengan kemenangan beruntun dalam delapan laga sejak terdepak dari Piala Dunia tahun lalu. Dunga, yang memutuskan kembali menakhodai Brasil untuk kali keduanya, menjadi salah satu figur yang memimpin Brasil mencatat tren positif dalam laga persahabatan sejak Piala Dunia 2014.

Selecao tentu berharap tren positif itu berlanjut ketika bertemu Meksiko pada duel persahabatan di Allianz Parque, Sao Paulo, Brasil, Senin (8/6/2015) dini hari WIB. Kemenangan atas El Tri, julukan Meksiko, diperlukan Brasil untuk meraih pemanasan sempurna sebelum melawat ke Chile.

“Sangat buruk kalah 1-7. Kami sangat sedih seperti kekecewaan yang dialami suporter namun mereka menguatkan kami. Apa yang terjadi, sudah terjadi, dan kami harus menatap ke depan untuk Copa America dan mereka harus mendukung kami,” jelas pemain Selecao, Fred, seperti dilansir Soccerway, Sabtu (6/6/2015).

“Kami tidak benar-benar membicarakan itu [kekalahan 1-7 dari Jerman], kami memilih tidak membicarakannya. Kami sadar itu pengalaman yang sangat sulit. Jadi kami lebih baik diam dan tidak membicarakan apa yang terjadi di luar sana,” sambung dia.

Sayangnya, Dunga tidak bisa leluasa menentukan starting XI karena berbagai alasan. Penyerang gaek Santos, Robinho, meninggalkan sesi latihan karena cedera lutut kanan, Rabu (3/6). Sehari setelah itu, mantan striker AC Milan tersebut absen latihan karena harus menjalani pemeriksaan MRI scans.

Dalam rilisnya, Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) menyatakan Robinho akan absen melawan Meksiko karena masih harus menjalani pemeriksaan lanjutan. Padahal, pemain berusia 30 tahun itu diharapkan bisa menjadi tambahan tenaga mengingat Selecao telah banyak kehilangan amunisi.

Bek kiri Marcelo dan gelandang utama Luiz Gustavo telah dipastikan absen di Copa Amerika karena cedera. Selain itu, Selecao kehilangan Diego Alves dan gelandang Chelsea, Oscar yang memilih untuk berkonsentrasi memulihkan cedera dengan tidak turun di Copa America.

Sedangkan bomber sekaligus kapten Brasil, Neymar masih berjuang dengan Barcelona di final Liga Champions, Minggu (7/6/2015) dini hari WIB.
Sementara itu, Meksiko berbekal hasil mengecewakan pada laga terakhir mereka sebelum berlaga di Sao Paulo.

Pasukan binaan Miguel Herrera hanya bisa bermain imbang 1-1 melawan 10 pemain Peru, Rabu lalu. El Tri tentu berharap bisa menundukkan Brasil untuk mendongkrak semangat mereka sebelum turun di Grup A Copa America, melawan tuan rumah Chile, Ekuador, dan Bloivia.

“Ini sebuah ujian dan saya akan mulai memikirkan tim untuk turnamen nanti [Copa America],” jelas Herrera. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

BRASIL VS MEKSIKO
Senin (8/6) Pukul 03.00 WIB
Stadion: Allianz Parque (Sao Paulo)

• Brasil (4-2-3-1)
Pelatih : Dunga (Brasil)
Pemain: Jefferson, Danilo, Thiago Silva, Miranda, Filipe Luis, Elias, Fernandinho
Douglas Costa, Souza, Coutinho, Luiz Adriano
Cadangan: Elias, Roberto Firmino, Robinho, Willian, Diego Alves, Fabinho, Gabriel Paulista, Gil, Marcelo Grohe

• Meksiko (4-4-2)
Pelatih : Miguel Herrera (Meksiko)
Pemain: Corona, Ayala, Aldrete, Dominguez, Salcedo, Montes, Guemez, Osuna, Corona, Herrera, Vuoso
Cadangan: Talavera, Marquez, Valenzuela, Velarde, Flores, Medina, Fabian, Aquino, Esqueda

Tiga Pertemuan Terakhir
18/06/2014         Piala Dunia          Brasil     0 – 0       Meksiko
20/06/2013         Piala Konfederasi             Brasil     2 – 0       Meksiko
04/06/2012         Persahabatan    Brasil     0 – 2       Meksiko

Sumber: Sport Mole. (hkt/JIBI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya