Ilustrasi (Istimewa)

Solopos.com, SLEMAN-Peningkatan kerjasama dengan berbagai universitas asing terus dilakukan oleh Universitas Islam Indonesia (UII). Salah satunya, UII menyepakati beberapa poin kerjasama dengan University of Rhode Island (URI), Amerika Serikat.

Rektor UII, Prof. Edy Suandi Hamid mengatakan lawatan ke University of Rhode Island pada Kamis (12/12/2013) menghasilkan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

"Kami menandatangani MoU bersama Provost and Vice Rector for Academic Affairs University of Rhode Island (URI), Prof. Donald DeHayes. Kami ingin secepatnya mengimplementasikan MoU tersebut," ujarnya melalui siaran pers yang diterima Solopos.com, Jumat (13/12/2013).

Sebelum penandatanganan MoU tersebut, katanya, telah terjadi pembicaraan awal sekitar Juni 2013 lalu. Dalam kunjungan tersebut, disepakati beberapa program yang akan ditindaklanjuti, antara lain pertukaran mahasiswa dan dosen, kuliah tamu, riset dan seminar bersama, training studi ke-Islam-an, recharging program, double degree, dan pengembangan studi lanjut dosen.

"URI juga memiliki Islamic Center. Dengan kerjasama ini, kami dapat saling mendatangkan ahli studi ke-Islaman UII," ujar Wakil Rektor URI, Prof. Donald DeHayes.

Sementara, guna merespon kesepakatan tersebut, Direktur Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UII yang juga dosen Teknik Lingkungan UII, Widodo Brontokusumo menyatakan, pihaknya akan mengundang pakar lingkungan URI, Prof. Thomas Boving untuk menjadi pembicara dalam seminar internasional, 3rd ICSBE yang diadakan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan.

Selain itu, UII dan URI juga tertarik untuk melaksanakan research collaboration, yang akan ditindaklanjuti oleh Program Studi Teknik Lingkungan UII dan Department of Geosciences, yang dipimpin oleh Dean of College Engineering, Raymon Wright.

Dalam kapasitasnya, ia juga menawarkan bahwa UII memiliki program Kuliah Kerja Nyata (KKN) internasional yang ternyata mendapat respon yang sangat baik dari pihak URI.

"Meskipun tidak lama lagi saya akan mengakhiri masa kepemimpinan di UII, namun kerjasama yang sudah terjalin ini akan tetap diteruskan oleh rektor berikutnya," harap Edy.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten