SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA: Universitas Indonesia (UI) masuk sepuluh besar perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara dengan menempati peringkat keenam, sementara Universitas Gadjah Mada berada di posisi 80.

Demikian penilaian yang dilakukan Quacquarelli Symonds (QS) Top Asian Universities pada bulan Mei 2011, sebagaimana disampaikan Juru Bicara UI, Vishnu Juwono lewat siaran pers, Jumat (27/5).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

UI menjadi satu-satunya perguruan tinggi asal Indonesia yang masuk Top Ten Asia Tenggara itu. “Selain itu Universitas Indonesia (UI) tetap menjadi 50 terbaik di Asia dari 201 perguruan tinggi di dunia yang dinilai,” ujar Vishnu.

Dalam bidang Social Sciences and Management, UI berada di peringkat 14 terbaik di Asia menggungguli beberapa perguruan tinggi terkemuka di Asia, seperti Korea University Korea Selatan (23), Osaka University Jepang (16), Universiti Malaya Malaysia.

Selain itu, dalam bidang Arts and Humanities, UI berhasil berada di peringkat 19 besar di Asia. Kemudian UI berada pada peringkat 25 di Asia dalam bidang Life Sciences and Medicine dan peringkat 52 di Asia dalam bidang IT and Engineering.

QS Top Asian Universities merupakan lembaga pemeringkat perguruan tinggi yang paling terpercaya di dunia dengan indikator yang telah teruji di antaranya research quality, teaching quality, graduate employability dan internationalitation.

Berdasarkan penilaian yang dikeluarkan QS Top Asian Universities ada tiga perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang masuk dalam 100 besar di Asia pada tahun 2011, yaitu Universitas Gadjah Mada (peringkat 80), Universitas Airlangga (peringkat 86) dan Institut Teknologi Bandung (peringkat 98).(dtc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya