SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO – Tim EDS UGM A asal Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogja berhasil menjadi juara pertama dalam Solo Open Debate Championship (SODC) yang diselenggarakan English Departement Community (Edcom) Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sastra Inggris Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) UNS, Sabtu-Minggu (26-27/1).

Tim debat berbahasa Inggris tersebut menjadi juara setelah mengalahkan tim dari Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang yang menjadi juara kedua dan tim UGM B yang menjadi juara ketiga di samping mengalahkan 23 tim lainnya.

SODC merupakan kompetisi debat Bahasa Inggris tingkat nasional yang baru pertama kali digelar di Solo. Kompetisi tersebut diikuti peserta yang terdiri atas siswa SMA atau mahasiswa yang berasal dari institusi yang sama atau berbeda. Beberapa tim yang mengikuti kompetisi itu antara lain Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Ketua Panitia SODC, Nurrahma Restia, menjelaskan SODC digelar karena dilatarbelakangi kurangnya kompetisi debat yang dilaksanakan di Solo. Sehingga untuk memunculkan atmosfir debat yang sesungguhnya digelar kompetisi itu. “SODC juga menghadirkan pendebat yang sudah berpengalaman, sehingga bisa sekaligus sharing ilmu,” jelasnya saat dihubungi Espos, Minggu (27/1).

format yang digunakan dalam lomba tersebut adalah Asian Parliamentary Debate. Sedangkan peserta hanya dibatasi 24 tim yang masing terdiri atas tiga debater dan satu juri atau adjudicator (N-1). Sehingga lomba itu tidak hanya menilai yang berdebat, melainkan dijadikan juga sebagai ajang akreditasi untuk calon adjudicator (N-1).

Semantara itu, tema yang digunakan pada kompetisi kali ini adalah School of Thought Gathering for Better Indonesia dengan jargon Be democratic, Be Indonesia. “Tema itu diangkat dengan harapan pemikiran-pemikiran cemerlang dapat dipertemukan untuk kemajuan yang lebih baik di Indonesia,” ujarnya.

Tim yang berhasil menjadi juara pada kali ini mendapatkan hadiah berupa trofi, sertifikat dan uang pembinaan senilai Rp1,5 juta untuk juara pertama dan Rp1 juta untuk juara kedua dan Rp750.000 untuk juara ketiga. Sedangkan untuk pendatang baru terbaik mendapatkan hadiah senilai Rp200.000. (Nenden Sekar Arum N)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya