SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, ROTTERDAM — Siapa yang mengira Belanda bakal menjadi ancaman serius juara Piala Dunia dalam dua edisi terakhir, Prancis dan Jerman, pada Grup 1 UEFA Nations League kali ini.

Padahal beberapa orang menganggap remeh tim berjuluk De Oranje sebelum mereka bergelut di UEFA Nations League edisi perdana ini. Itu lantaran Belanda gagal lolos ke dua turnamen mayor terbaru, yakni Euro 2016 dan Piala Dunia 2018. Celakanya, Belanda berada di grup maut bersama Prancis dan Jerman.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Tapi, kemenangan Belanda atas Prancis 2-0 di Stadion Feijenoord, Rotterdam, Sabtu (17/11/2018) dini hari WIB, justru membuat tim polesan Ronald Koeman tersebut menjadi tim yang paling berpotensi lolos ke putaran final. Dua gol De Oranje masing-masing disokong gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum pada menit ke-44 dan penalti eks penyerang Manchester United, Memphis Depay, pada menit ke-90+6.

Ekspedisi Mudik 2024

Kini, Belanda bisa menentukan nasib mereka sendiri untuk finis juara Grup 1 alias menembus putaran final Liga Nations plus meraih tiket play-off ke Euro 2020. Syaratnya, De Oranje harus menaklukkan Jerman pada pertandingan tersisa pada Grup 1 di Veltins Arena, Jerman, Selasa (20/11) dini hari WIB. Sedangkan Prancis hanya bisa pasrah karena sudah tidak memiliki laga tersisa. Juara Piala Dunia 2018 itu hanya bisa lolos ke putaran final seandainya Belanda kalah dari Jerman.

Nasib Jerman lebih tragis. Kemenangan Belanda atas Prancis di Rotterdam memastikan juara Piala Dunia 2014 tersebut terdegradasi ke Liga B. Jerman sudah tak bisa mempertahankan posisi mereka di kasta tertinggi Liga Nations meski mereka menang melawan Belanda di Veltins Arena, Selasa nanti.

Terdegradasinya Jerman ke Liga B pada Liga Nations sekaligus menambah derita tim berjuluk Der Panzer tersebut tahun ini. Sebelumnya, Thomas Muller cs. menorehkan catatan memalukan pada Piala Dunia 2018, yakni terdepak dengan predikat juru kunci di fase grup. “Bagi kami, ini hasil yang benar-benar menyakitkan, namun kami harus bisa menerimanya,” ujar Pelatih Jerman, Joachim Low, yang semakin tertekan di kursi jabatannya, seperti dilansir Thenational.ae.

Sementara itu, Pelatih Belanda, Ronald Koeman, sangat yakin anak buahnya bisa finis sebagai pemuncak Grup 1 dengan mengungguli Prancis meski harus menang di kandang Jerman. Pada pertemuan perdana di Grup 1, Frenkie de Jong dkk. melumat Der Panzer dengan skor 3-0 di Amsterdam.

“Saya tidak menyangka tim ini bisa tampil apik sejauh ini dalam membaca permainan. Kami tunjukkan dalam langkah yang besar. Dari awal hingga akhir kami bermain bagus,” ujar Koeman, seperti dilansir Reuters. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya