SOLOPOS.COM - Udang bakar madu di Solo's Bistro (Kurniawan/JIBI/SOLOPOS)

Udang bakar madu di Solo’s Bistro (Kurniawan/JIBI/SOLOPOS)

Salah satu hasil sempurna perpaduan bahan madu dalam menu kuliner adalah udang bakar bumbu madu. Menu ini selalu masuk tiga besar makanan paling dicari di sejumlah rumah makan dan restoran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satunya udang bakar madu kreasi chef Solo yang beralamat di Jl Slamet Riyadi. Marketing Executive Solo’s Bistro, Vinia Damayanti, saat ditemui Solopos.com, Selasa (16/4/2013), mengatakan udang bakar madu merupakan salah satu yang terbaik dari Solo Bistro. Karena kualitasnya yang istimewa, satu porsi kecil udang bakar madu dibanderol Rp35.000.

Satu porsi kecil ini berisi enam ekor udang bakar. Bagi anda yang biasa menyantap porsi besar, disediakan udang bakar madu takaran medium seharga Rp68.000 dan porsi besar Rp98.000. Untuk porsi medium dan besar bisa disantap bersama keluarga atau relasi bisnis.

Sedangkan Unggul Hariyanto, 36, chef Solo’s Bistro, menjelaskan, rasa dominan udang bakar madu adalah gurih dan manis. Unggul sengaja memilih udang putih dengan ukuran besar karena tekstur dagingnya yang empuk. Selain itu kulit udang ini tidak keras.

Setelah dibersihkan, udang direndam (marinase) dengan racikan bumbu berbahan madu, kecap dan saus tomat kecap. Unggul sengaja mengurangi takaran kecap dalam bumbu supaya rasa manis madu lebih terasa. Agar rasa bumbu meresap ke dalam daging, proses marinase berlangsung lama.

“Setelah dimarinase, udang dibakar sekitar tiga menit saja. Proses pembakaran menggunakan arang agar hasilnya optimal. Dengan takaran bumbu yang pas, rasa udang bakar ini menjadi begitu gurih dan manis madu. Rasa manisnya pas di lidah,” urainya.

Udang bakar madu di Bale Padi (Kurniawan/JIBI/SOLOPOS)

Udang bakar madu juga banyak di-request oleh pengunjung Bale Padi, Sukoharjo. Pemilik Bale Padi, Wieke Dewi Utami, menjelaskan, menu tersebut diolah menggunakan bahan terbaik, seperti udang bago dan aneka bahan bumbu termasuk madu dari Salatiga.

Saat proses pembakaran, bumbu madu dibalurkan secara merata ke setiap bagian udang. Harga satu porsi udang bakar madu di Bale Padi Rp30.000 terdiri empat hingga enam ekor udang. Selain madu, chef Bale Padi menggunakan rempah-rempah sebagai bahan bumbu.

“Setelah dibumbui, udang digoreng sebentar saja lalu ditusuk-tusuk seperti daging sate. Selanjutnya tusukan udang goreng dibakar sambil diolesi lagi dengan bumbu rempah dan madu. Rasanya renyah di bagian luar dan gurih di setiap bagian dagingnya,” urai Wieke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya