SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Khasiat ubi ungu  sangat luar biasa. Meski jenis makanan ini terkesan kampungan, namun manfaat yang dikandungnya melebihi makanan modern yang ada di perkotaan, karena pigmen warna ungu pada ubi tersebut bermanfaat sebagai antioksidan.

Pemilik Egg Roll Ubi Ungu, Almunafasah Asysyarifah menjelaskan cemilan idealnya memang tidak hanya enak, juga bermanfaat yakni menyehatkan tubuh. “Terlebih saat ini banyaknya radikal bebas yang disebabkan polusi udara atau limbah pabrik dan sangat membahayakan kesehatan manusia. Karena itu dibutuhkan makanan yang mengandung antioksidan menangkal racun yang masuk ke dalam tubuh,” jelasnya saat dibuhungi Harian Jogja, Rabu (16/11).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wanita yang tinggal di Bedukan, Pleret, Bantul  ini menjelaskan, awalnya ia memang senang membuat kue. Dia sering menciptakan variasi pembuatan kue baru. Egg roll yang biasanya terbuat dari beras ketan atau tepung terigu, ia coba dengan bahan lain yakni ubi ungu.

Setelah mencoba berbagai variasi untuk adonan, akhirnya ia menemukan rasa yang pas yang sesuai untuk dipertahankan terus hingga sekarang. Meskipun makanan ini sering dianggap sebagai makanan orang desa, namun  memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

“Ubi ungu bisa berfunsgi sebagai antioksidan karena dapat menangkal racun, oksidasi dalam tubuh, dan juga menghambat penggumpalan sel-sel darah,” ujar dia.

Ubi ungu merupakan sumber karbohidrat dan sumber kalori yang cukup tinggi. Selain itu, ubi yang rasanya manis ini mengandung  vitamin A, vitamin C, vitamin B1, dan riboflavin. Sedangkan mineral dalam ubi ini di antaranya mengandung  zat besi dan kalsium.

Ubi ungu dapat dijadikan santapan yang nikmat setiap hari. Selain harganya yang murah, proses pembuatannya sangat mudah, dapat dengan cara dikukus. Mula-mula cuci bersih ubi yang telah dikupas kulitnya lalu kukus hingga masak dan setelah dingin siap untuk disantap.

Wanita yang kerap di sapa Iffah ini menambahkan, ubi ungu dapat juga  diolah menjadi kue kering seperti egg roll yang nikmat dan tanpa bahan pengawet.(Wartawan Harian Jogja/Kharisma Ayu Febriana)

HARJO CETAK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya